Ketua RT 01 Hibahkan Tanah untuk Pos Ronda

TAKTAKAN – Pengurus dan warga RT 01 RW 05, Kelurahan/Kecamatan Taktakan, tak mau kalah dengan warga RT lain. Menghadapi Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, warga di Lingkungan Tibasurah ini pun ikut berlomba menata lingkungannya. Bahkan, ketua RT-nya telah menghibahkan tanahnya untuk pembangunan pos ronda.

Lahan milik Ketua RT 01 RW 05 Romli yang dihibahkan kepada Pemerintah Kelurahan Taktakan berukuran 3 x 2,5 meter. Lokasinya di pinggir jalan. Dinilai cukup strategis untuk pusat kegiatan warga mengamankan lingkungannya.

“Alhamdulillah, tanah (untuk-red) pos rondanya sudah saya hibahkan. Untuk fasilitas keamanan di sini (RT 01 RW 05-red),” tegas Romli kepada Radar Banten., Kamis (26/3).

Status tanah yang digunakan untuk pos ronda memang menjadi penilaian tersendiri pada LRLA. Seyogyanya, dan sesuai peraturan Kapolri, tanah yang digunakan untuk pos ronda merupakan milik pemerintah desa atau pemerintah daerah. 

“Nanti kita urus surat-suratnya biar resmi dan sebagai bukti kepemilikan tanah pos ronda,” ujar Romli.

Pertimbangan Romli menghibahkan tanahnya, karena ia mengakui, pos ronda bukan hanya untuk kegiatan siskamling saja. Tetapi, juga menjadi tempat warga bersilaturahim.

Dengan pos ronda, warga menjadi lebih mudah memberi dan menerima bantuan saat terjadi sesuatu pada malam hari. “Biasanya, ada yang melahirkan atau sakit pas tengah malem, kan bisa minta tolong ke yang jaga,” ujar Romli.

Rencananya, pos ronda bakal dibangun semi permanen. Namun, fondasinya permanen. “Kita bakal mulai bangun pos rondanya, Minggu (29/3) ini,” jelasnya.

Warga RT 01 RW 05, lanjut Romli, juga berencana membuat taman hijau di setiap pekarangan rumahnya. Tanamannya, tomat, cabai, terong, dan timur suri. “Sejumlah warga sudah mulai menanam. Saya akan tambah beli bibitnya untuk warga yang lain,” katanya.

Haryadi, warga yang sudah menata pekarangan rumahnya, mengaku antusias menyambut LRLA. Di pekarangan rumahnya, terdapat tanaman tomat dan cabai. Ia menanamnya sejak Ferbruari 2020. “Awalnya, ini lahan kosong. Terus ada ide buat tanaman, eh ternyata jadi bagus,” katanya.

Haryadi berharap, rencana pengurus RT 01 Rw 05 membuat lingkungannya menjadi bersih dan hijau segera terlaksana. “Pemuda di sini masih kompak. Insya Allah, bisa,” pungkasnya. (mg06/don)