Ketua RT 03: Semua Kategori Dipenuhi

SERANG – Warga RT 03 RW 03, Kelurahan Lontar Baru, Kecamatan Serang, mengaku telah memenuhi semua kategori Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Mereka yakin mampu bersaing dan menjadi yang terbaik.

Saat Radar Banten mengunjungi RT 03, Selasa (28/4) pagi, hasil penataan lingkungan gampang ditemukan. Perkampungan di Lingkungan Lontar Kidul ini penuh warna. Beberapa tembok telah dihiasi lukisan grafiti dan menjadi spot foto. Sementara, di salah satu pojok RT ini, terdapat apotek hidup.

Di kanan-kiri jalan dan halaman rumah warganya, tanaman bunga telah berjejer rapi. Jalan berkonstruksi paving block telah diberi lis warna-warni. Pos ronda RT 03 pun tidak tertinggal. Warga telah menjadikannya lebih berwarna dengan cat baru.

RT 03 pun telah memiliki IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) komunal yang menampung limbah rumah tangga warga RT ini. Dari IPAL komunal ini, RT 03 pernah meraih juara pertama tingkat Provinsi Banten.

Ketua RT 03 Supandi mengatakan, perubahan wajah RT-nya ini karena persiapan LRLA sudah dimulai warganya sejak Februari 2020. “Setelah LRLA Kota Serang 2020 di-launching, kami langsung melakukan persiapan. Hanya dalam satu minggu, semua sudah tertata rapi. Tapi, ini belum 100 persen. Kami masih punya rencana yang akan dibuat,” katanya.

Supandi menambahkan, konsep awal yang diusung adalah menjadikan lingkungan RT 03 hijau dan berseri. “Dilihat dari semangat dan antusiasme warga, kami rasa, RT 03 bisa lebih dari hijau dan berseri. Lihat saja, kategori berbunga ada, hijau ada, inovatif ada. Kami juga sudah punya kelompok pemuda penggerak lingkungan dan kelompok penggerak sadar hukum. Semua item yang dilombakan ada di RT 03,” tegasnya.

Salah satu tokoh masyarakat RT 03, Herman Muslih, menyatakan bahwa kekompakan dan semangat gotong royong warga telah membuat lingkugan RT 03 berubah. Menjadi enak dilihat. “Kalau untuk hal yang positif, warga kami sedikit latah. Misalnya kalau ada tetangga yang bersih-bersih dan menata lingkungannya, semua langsung ikut. Tanpa disuruh,” jelasnya. (dre/don)