Ketua RT 04 Kaliwadas Dorong Warganya Hijaukan Rumah

SERANG – Penghijauan di RT 04 RW 06, Lingkungan Kaliwadas, Kelurahan Lopang, Kecamatan Serang, diakui masih kurang. Ketua RT-nya pun meminta semua warganya untuk menghijaukan pekarangan rumah masing-masing.

Dorongan pada warga itu dilakukan sebagai salah satu persiapan RT 04 menuju penilaian tahap dua Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang, Agustus nanti. Sebab, menurut Ketua RT 04 Tubagus Fachrudin, penghijauan di kampungnya masih perlu ditingkatkan. Masih banyak warga RT ini yang belum melakukan penghijauan di halaman rumahnya.

“Nanti saya akan dorong melakukan penghijauan. Sudah ada warga yang mulai menanam di halamannya, tetapi memang masih belum semua,” kata Fachrudin pada Jumat (10/7).

Persiapan lainnya di RT ini adalah pengecatan dan pemagaran. Warga berusaha menjadikan kampungnya lebih berwarna, indah, dan rapi.

Sejak memasuki RT 04, gapura sudah didirikan warganya. Jalan paving block di gang RT ini sudah dihias dengan cat. Kegiatan ini masih berlangsung siang dan malam hari.

“Masalah kami adalah banyak warga dari lingkungan lain yang membuang sampah di lingkungan RT 04. Kami masih mencari solusi untuk persoalan itu, karena walaupun sudah ditegur langsung, mereka tidak perduli dan tetap membuang sampah di lingkungan kami,” tukas Fachrudin.

Ketua RW 06 Agus membenarkan soal perilaku warga lain yang masih membuang sampah di lingkungan RT 04. Ia mengatakan, hal itu menjadi tantangan bagi warga RT 04.

Oleh karena itu, salah satu solusi yang ditawarkan adalah warga RT 04 bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang soal penanganan sampah. Yakni, dengan meletakkan kontainer sampah di lingkungan RT 04.

“Solusi itu sedang kami jajaki. Semoga bisa segera terealisasi agar lingkungan tersebut bisa berubah menjadi lebih bersih,” tutup Agus. (rio/don)