Ilustrasi.

SERANG – Rufaji, ketua RT di Kota Cilegon, yang memerkosa HD (13), warganya, divonis lima tahun penjara pada persidangan di Pengadilan Negeri Serang, 16 Desember 2015. Setelah banding ke Pengadilan Tinggi (PT) Banten, hukumannya dikurangi selama dua tahun.

Panitera Muda Pidana Pengadilan Negeri Serang Fery Ardiansya mengatakan, salinan putusan dari Pengadilan Tinggi Banten atas nama Rufaji sudah diterima PN Serang. Putusan banding tersebut kemudian ditembuskan ke Kejari Cilegon dan terdakwa Rufaji.

”Jadi tiga tahun berkurang dua tahun. Putusannya pada tanggal 1 Februari 2016. Hari ini kita tembuskan ke Kejari Cilegon. Sedangkan ke terdakwa belum kita sampaikan, tapi sudah koordinasi dengan penasehat hukumnya,” kata Ferry Ardiansya di PN Serang, Kamis (11/2/2016).

Pada amar putusan yang dibacakan Ketua Majelis Hakim Gunawan, terdakwa Rufaji telah terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan tindak pemerkosaan terhadap anak di bawah umur, sesuai dengan dakwaan primair jaksa penuntut umum pasal 81 ayat 2 Undang undang RI Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.(Wahyudin)