KH. Tb. Ahmad Chatib ibn Wasi’ Al-Bantani Diajukan jadi Pahlawan Nasional

KH. TB Ahmad Chatib ibn Wasi' al-Bantani
KH. TB Ahmad Chatib ibn Wasi' al-Bantani

SERANG – Pemerintah Kota Serang mengajukan KH. Tb. Ahmad Chatib ibn Wasi’i Al-Bantani menjadi pahlawan Nasional. Hal itu dilakukan karena Pemkot menilai mantan residen Banten pertama tersebut memiliki jasa yang besar terhadap masyarakat Banten khususnya di Kota Serang.

Kepala Seksi Nilai-nilai Kepahlawanan, Keperintisan, Kejuangan dan Kesetiakawanan Sosial (NK4S) pada Dinas Sosial Kota Serang, Iif Muhammad Arif mengatakan pihaknya tengah mempersiapkan dokumen peninggalan jasa KH. Tb. Ahmad Chatib ibn Wasi’ al-Bantani.

Menurutnya, sesuai hasil pengkajian dengan beberapa lembaga penelitian seperti Bantenologi dan lembaga penelitian IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Ia mengatakan, setelah mempertimbangkan banyak hal Pemkot sepakat untuk mendorong pencetus Oeang Repoeblik Indonesia Daerah Banten (Oridab) tersebut.

“Sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Serang tahun 2013 lalu, Dinas Sosial menjadi Tim Penilai dan Pengkaji Gelar (TP2G), untuk merekomendasikan salah satu tokoh Banten yang dianggap berkontribusi lebih dan memiliki untuk daerah Banten terutama Kota Serang kepada TP2G pusat,” kata Iif, Rabu (8/6/2016).

Ia menuturkan, April 2017 akan mengajukan langsung kepada Kemensos untuk dikaji dan dipertimbangkan mengenai kelayakan KH. Tb. Ahmad Chatib ibn Wasi’ menjadi seorang pahlawan. Selain itu, agar diketahui masyarakat banyak pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada siswa SD sampai SMA di Kota Serang agar siswa tersebut melek sejarah apalagi sejarah daerah Banten.

“Target kami saat peringatan hari pahlawan 10 November 2017 mendatang, KH. Tb. Ahmad Chatib ibn Wasi’ sudah mendapat gelar, kami juga akan melakukan kegiatan napak tilas perjalanan hidup beliau dengan tujuan mencari jejak sejarah dari tokoh Banten tersebut,” katanya. (Ade F)