Khatib Id: Puasa Melatih Kedisiplinan dan Kepedulian

0
903 views

SERANG – DKM Masjid Nurul Iman Perumahan Taman Widya Asri Kota Serang menggelar salat Idul Fitri, Minggu (24/5) pagi. Ratusan jamaah memadati masjid hingga halaman masjid. Bertindak sebagai khatib adalah ketua DKM Dr H Fadlullah. Dalam khutbah nya, Fadlullah mengatakan bahwa puasa yang sudah dilaksanakan selama satu bulan itu membentuk kedisiplinan. “Kedisiplinan ini penting untuk hidup di saat pandemi covid 19 ini. Kita harus mendisiplinkan diri menjaga kebersihan dan menjaga kesehatan,” katanya.

Kata Fadlullah lagi, puasa juga mendidik umat untuk menumbuhkan kepedulian sosial, pelopor kebersihan, dan pelopor kecerdasan. “Puasa juga menemipa kita menjadi umat yang harus terus menggerakkan amal sosial dari masjid,” tandasnya.

Akademisi Untirta itu optimis bahwa covid-19 dapat dikalahkan dengan menjaga konsistensi kedisiplinan hidup. Kepada para jamaah, Fadlullah juga berpesan agar senantiasa bersyukur dan mendekatkan diri kepada Allah swt.

Pelaksanaan salat Idul fitri ini menerapkan physical distancing. Antarjamaah ada jarak sekira satu meter. Para jamaah juga memakai masker dan membawa sajadah masing-masing. (Alt)