Kicau Mania Akan Ramaikan Radar Banten

Peserta Siapkan Jagoannya Masing-masing

Iskandar

SERANG – Riuh rendah suara pemilik dan burung berkicau sebentar lagi akan terdengar di halaman gedung Graha Pena Radar Banten, Jalan Tb Suwandi, Lingkar Selatan, Lontarbaru, Kecamatan Serang, Kota Serang. Puluhan kicau mania akan mengikuti Festival Burung Kicau yang mengambil tema ‘Radar Banten Bird Song’ pada Kamis (11/5).

Iskandar, Ketua Pelaksana Festival Burung Kicau, mengatakan bahwa kegiatan festival burung kicau ini akan menjadi agenda rutin. Sementara ini, pelaksanaannya akan memanfaatkan setiap hari libur nasional. Rutinnya ke depan setiap akhir pekan, tetapi jadwalnya tentatif. “Sejauh ini sudah berjalan, pemesan tiket sudah banyak. Bahkan, teman-teman kicau mania dari luar wilayah Serang juga ada seperti Tangerang dan Bekasi,” ujar Iskandar kepada Radar Banten, Senin (8/5).

Pada kesempatan ini, kata Iskandar, kegiatan yang juga merupakan launching-nya Radar Banten Bird Song akan menempatkan 60 gantangan, dengan 30 kategori, dibagi atas lima kelas dan disesuaikan dengan halaman koran Radar Banten, Radar Serang, Radar Cilegon, Radar Tangerang, Radar Lebak, dan Radar Pandeglang.

Ia memaparkan, pada kelas Radar Serang, pendaftaran Rp80 ribu dengan melombakan kicau burung jenis murai batu, cucak ijo, love bird, dan kenari. Standar Umum bagi pemenang, akan diberikan hadiah mulai dari Rp1,5 juta sampai terendah Rp90 ribu. Pada kelas Radar Cilegon pendaftaran Rp60 ribu dengan melombakan kicau burung jenis murai batu, cucak ijo, love bird A-B, kacer, dan kenari. Standar Umum bagi pemenang, akan diberikan hadiah Rp800 ribu sampai Rp70 ribu.

Pada kelas Radar Tangerang, pendaftaran Rp50 ribu dengan melombakan kicau burung jenis murai batu, cucak ijo, love bird A-B-C, kacer A-B, dan kenari. Standar kecil bagi pemenang, akan diberikan hadiah Rp600 ribu sampai Rp60 ribu. Pada kelas Radar Pandeglang, pendaftaran Rp30 ribu dengan melombakan kicau burung jenis love bird baby A-B-C, kenari standar kecil, pleci, ciblek dan kolibri bagi pemenang, akan disediakan hadiah Rp350 ribu sampai Rp40 ribu. Sementara pada kelas Radar Lebak, pendaftaran Rp20 ribu dengan melombakan kicau burung jenis pleci A-B, Ciblek, kolibri, dan cucak jenggot bagi pemenang, disediakan hadiah Rp250 ribu sampai Rp25 ribu.

Pria yang menjabat sebagai Manajer Event dan Promosi Radar Banten ini menjelaskan, ajang kegiatan tersebut dilakukan sebagai latihan bernilai. Dengan demikian, rekan-rekan komunitas kicau mania dapat mempersiapkan diri untuk kejuaraan di tingkat yang lebih bergengsi. “Persiapan untuk menyambut kicau mania ini, sudah mencapai sekira 60 persen termasuk gantangan,” katanya.

Bayu Adi Pratama, salah seorang anggota komunitas kicau mania asal Serang, mengatakan, akan mengikuti event yang akan dilaksanakan di Graha Pena Radar Banten. Bayu, yang memiliki banyak burung jagoannya di jenis burung kenari ini, akan menurunkan sekira delapan hingga sepuluh burungnya. “Untuk hari Kamis, kita merapat ke Radar. Insya Allah, kita ke sana. Dan akan menurunkan agak banyak (burung-red) karena lokasinya dekat,” katanya.

Selain itu, kata Bayu, komunitasnya terdiri atas sekira 20 orang akan terjun ke Radar Banten. Setiap orang bisa membawa tiga hingga empat ekor. “Kalau jagoan saya cucak ijo (Si Gaple). Burung kenari ada si Kembang, si Goyang, si Gerimis, si Samson, dan si Prima juga ikut,” katanya. “Beberapa waktu lalu di Lapangan Banteng, Tangerang, jagoan kita kenari juara III. Kalau di sini alhamdulillah, di daerah lokal Serang-Cilegon kita sering juara umum,” tandasnya. (Fauzan Dardiri/Radar Banten)