Kick Off Liga 3 Belum Jelas

Tunggu Regulasi PSSI Pusat

Pemain Serang Jaya (kiri) mempertahankan bola dari bayang-bayang pemain Persitangsel (kanan) pada laga pembuka babak empat besar Liga 3 Asprov PSSI Banten 2018, Kamis (23/8/18).

SERANG – Jadwal kick off kompetisi sepak bola Liga 3 Indonesia masih belum jelas. Soalnya, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Pusat belum mengeluarkan regulasi menyeluruh.

Sekretaris Umum Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Banten Suyono Wirangga berencana mengadakan rapat soal persiapan Liga 3 Indonesia musim 2019 ini.

“Sebab selain soal regulasi yang masih belum jelas kami juga sedang menunggu rapat komite eksekutif (exco) dan workshop dari PSSI pusat, yang akan berlangsung sekitar minggu ini. Paska rapat exco, Asprov akan segera rapat dengan pengurus untuk membahas Liga 3,” kata Suyono.

Suyono menjelaskan, perkiraan kick off Liga 3 Indonesia dimulai sekira bulan Juli atau Agustus. Sebab, dari PSSI pusat baru mengirimkan edaran-edaran saja, belum mengirimkan regulasi secara keseluruhan.

“Karena sudah dua kali perubahan, pertama terkait pemain di Liga 3 ini usia 23 tahun, kemudian ada edaran kedua, dibolehkan rekrut lima pemain senior, namun hanya tiga orang yang bisa dimainkan. Jadi masih wacana semua, regulasinya belum turun. Kalau Asprov PSSI Banten rencana awal akan memulai sejak Mei,” tutur Suyono.

Soal klub, Suyono mengaku telah ada dua klub baru yang masuk, yakni klub asal Tangerang Selatan (Tangsel) dan Kota Cilegon. “Kedua klub tersebut sudah diverifikasi tinggal disahkan di kongres, sebab sudah memenuhi syarat semua. Mudah-mudahan kalau ikut semua klub, musim 2019 akan lebih ramai,” jelas Suryono.

Regional Banten, rencana akan dibuat setengah kompetisi dalam dua grup. Setiap grup terdiri dari enam tim. Total semua ada 12 tim. “Kita masih menunggu klub mana saja yang mendaftarkan diri. Soal mekanisme pendaftaran klub-klub sudah mengetahui kapan dan bagaimana pendaftarannya. Asprov tinggal menentukan kick off,” tutup Suryono.

Sementara itu Ketua Askot PSSI Kota Serang Zeka Bachdi berharap jadwal kick off segera keluar agar dapat digunakan untuk menyusun tim. Selain itu penentuan kick off Liga 3 berpengaruh terhadap finasial klub. ”Kami berharap jika memang telah datang regulasi untuk Liga 3 diharapkan segera disosilisasikan kepada tim Liga 3 yang di Banten agar kami bisa mengikuti sesuai aturan yang berlaku dari PSSI pusat,” katanya. (brp/nda/ags)