Kini, Pasirbinong Punya Taman Ramah Anak

KRAGILAN – Berubah 180 derajat. Gambaran ini terjadi di lingkungan RT 04 RW 02, Kampung Pasirbinong, Desa Dukuh, Kecamatan Kragilan. Perkampungan yang pada penilaian tahap pertama tidak ada apa-apa, sekarang punya sesuatu yang bisa diandalkan. Yakni, taman ramah anak.

Kejutan bagi tim 5 juri Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang ini terjadi ketika melakukan penilaian tahap kedua, Kamis (12/12). Dimulai ketika tim juri mendapat sambutan dari warga berupa atraksi pencak silat. Pasalnya, saat penilaian tahap pertama, jangankan acara penyambutan. Upaya penataan lingkungan saja tidak ada di Pasirbinong.

Di jalan lingkungan berkonstruksi paving block, warga telah mengubahnya menjadi rapi. Jalan sudah dilengkapi pagar bambu yang dicat. Lukisan ramah anak menambah hiasan pada jalan.

Dekorasi lingkungan juga menyasar tembok rumah-rumah warga Pasirbinong. Warga berkreasi dengan grafiti pemandangan alam. Tulisan berisi ajakan kepada warga untuk menjaga kebersihan hingga kaligrafi turut menghiasi dinding-dinding rumah warga.

Yang menarik perhatian tim juri adalah taman ramah anak. Taman yang juga berfungsi sebagai ruang terbuka hijau ini berada di tengah perkampungan.

Tim juri perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang Sisma Fitriani mengakui, lingkungan Pasirbinong berubah drastis. Salah satu poin pada penilaian tahap kedua, menurutnya, adalah partisipasi warga dalam menata lingkungan. Perubahan Pasirbinong menandakan warganya kompak bergotong royong.

“Adanya taman bermain anak juga menjadi keunggulan bagi Pasirbinong. Yang menjadi catatan juri adalah kampung ini masih perlu memperbanyak pot bunga. Di setiap rumah warga,” ungkap Sisma.

Kepala Desa Dukuh Ali Zainal Abidin menambahkan, penataan Pasirbinong sejatinya untuk warga. Lingkungan yang bersih dan aman akan membuat warga nyaman.

“Kebersihan dan keamanan di Pasirbinong akan terus dijaga. Peran babinsa dan bhabinkamtibmas sangat dibutuhkan,” ujar Ali. (rio/don)