Kini, RT 01 Cowe Ki Gede Bebas Sampah

0
885 views

TAKTAKAN – Lingkungan RT 01 RW 02, Kelurahan Sepang, Kecamatan Taktakan, jauh lebih bersih. Kini, bebas sampah. Kebersihan lingkungan memang menjadi fokus utama warga RT di Lingkungan Cowe Ki Gede ini pada ajang Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Di jalan lingkungan RT ini, dari gapura hingga permukiman warga, bersih. Tidak ditemukan sampah plastik satu pun.

Pot-pot tanaman sudah terpasang di pinggir jalan. Umbul-umbul peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-75 pun berjejer di kiri dan kanan jalan.

Ketua RT 01 Sarmadi mengatakan, partispasi warganya pada LRLA sangat besar. Setiap imbauan dari ketua RT selalu dilaksanakan.

”Termasuk ketika saya minta jangan ada lagi yang buang sampah sembarangan. Semua terbukti, hasilnya sekarang bersih,” tandas Sarmadi kepada Radar Banten, Jumat (14/8).

Sarmadi mengakui, sebelum ikut LRLA, persoalan sampah di kampungnya termasuk yang sulit ditangani. Terkadang, pengendara sepeda motor atau mobil dari luar RT 01 seenaknya membuang sampah dari dalam mobil saat melintasi kampung ini.

”Sekarang kita sepakati bareng warga, kalau ada yang melihat pengendara buang sampah, langsung tegor. Kalau perlu kejar,” ungkap Sarmadi.

Kesadaran warga akan kebersihan memang telah terbangun. Menurut Sarmadi, warganya selalu menyimpan polybag besar untuk tempat sampah.

Jika sudah penuh, warga akan membawa atau membuangnya ke tempat sampah di pinggir jalan. Sampah rumah tangga tersebut akan diangkut oleh petugas kebersihan tiga kali dalam seminggu.

”Kalau dulu, belum ada sistem begini. Warga pada ngebuang dan ngebakar sampah di halaman rumah masing-masing,” terangnya.

Sarmadi mengakui, warganya masih harus melengkapi beberapa kekurangan sesuai kategori LRLA. Di antaranya, melengkapi alat keamanan di pos ronda dan pengecatan jalan.

”Hari Sabtu (15/8) dan Minggu (16/8) besok, kita mau ngecat sekalian persiapan Hari Kemerdekaan,” ujarnya.

Lurah Sepang Haeruji mengaku bangga dengan warga RT 01. Berkat kekompakan dan keseriusan mereka mengikuti LRLA, permasalahan sampah bisa teratasi.

”Kita harus sama-sama membangun kampung, minimal dengan tidak membuang sampah sembarangan,” katanya. (mg06/don)