JAKARTA – Sejak digelar pada 2016, Harbokir atau Hari Bebas Ongkos Kirim yang diselenggarakan JNE dalam rangka merayakan hari jadinya pada 26 November, selalu mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat. Setiap tahun penyelenggaraannya, jumlah pengiriman paket oleh JNE meningkat hingga ratusan persen dalam Harbokir yang dilaksanakan selama dua hari berturut-turut dibanding dengan hari-hari normal biasanya.
Pada tahun ini, JNE kembali menggelar Harbokir, sebagai wujud apresiasi kepada para pelanggan, yang dimulai pada 25-26 November 2018.

Seperti pada tahun sebelumnya, free ongkir dalam Harbokir kali ini berlaku untuk paket dengan maksimum berat dua kilogram per nomor resi yang dikirimkan menggunakan produk -produk layanan JNE, yaitu OKE, REGULER, dan YES. Namun, Harbokir 2018 lebih istimewa karena free ongkir tidak hanya berlaku untuk pengiriman dari dan ke tujuan di dalam kota yang sama dan antarkota di wilayah Jabodetabek saja, tapi kali ini berlaku juga untuk pengiriman antar kota dalam satu provinsi.

Presiden Direktur JNE M Feriadi menjelaskan, program-program dalam rangka merayakan HUT ke-28 JNE harus lebih banyak memberikan manfaat bagi masyarakat mau pun karyawan. Oleh karena itu, Harbokir 2018 pun kini diperluas sehingga dapat memberikan kebahagiaan bagi banyak orang, terutama para UKM yang diharapkan penjualannya dapat terdongkrak.

“JNE tumbuh seiring dengan maraknya e-commerce yang digerakkan oleh para UKM. Kini dengan kapabilitas perusahaan yang telah mampu memiliki kapasitas pengiriman paket lebih dari 20 juta paket dalam sebulan atau sekira 700 ribu paket per hari maka semangat tagline Connecting Happiness yang bermakna mengantarkan kebahagiaan harus diwujudkan dengan semakin maksimal melalui Harbokir. Kami berharap, Harbokir kali ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas, terutama para UKM agar transaksi penjualan mereka mengalami peningkatan sehingga berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi dalam negeri,” ungkap Feriadi dikutip dari siaran pers, Jumat (23/8).

Ketika pertama kali digelar tahun 2016, jumlah pengiriman JNE dalam Harbokir selama dua hari penyelenggaraannya meningkat sebanyak 108 persen atau dua kali lipat lebih banyak dari hari-hari normal. Di tahun 2017 lalu peningkatannya semakin besar hingga mencapai tiga kali lipat dibanding hari biasa, yaitu lebih dari 200 persen. JNE berharap peningkatan jumlah pengiriman tersebut dapat lebih banyak lagi di tahun ini.

“Semakin banyak jumlah pengiriman paket JNE dalam Harbokir, berarti semakin banyak pula UKM maupun pelanggan umum yang ikut merasakan kemeriahan HUT JNE”, pungkas Feriadi.

Pada Harbokir 2018, JNE juga bekerja sama dengan dua marketplace besar di Indonesia, yaitu Tokopedia dan Bukalapak.

“Bukalapak berharap dengan adanya Harbokir ini dapat semakin memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi para pengguna kami. Kami juga berharap para pelapak di seluruh Indonesia dapat mengoptimalkan kesempatan agar produknya dapat terjangkau oleh masyarakat Indonesia dengan adanya keringanan ongkos kirim. Ini merupakan salah satu wujud kontribusi bersama untuk membangun Indonesia melalui pemberdayaan UMKM sebagai roda penggerak perekonomian Indonesia,” kata Fajrin Rasyid, Co-Founder dan President Bukalapak.

COO Tokopedia Melissa Siska Juminto menyampaikan, Tokopedia sebagai perusahaan teknologi dengan marketplace terdepan di Indonesia berkomitmen untuk selalu memberikan nilai tambah kepada pengguna bersama para mitra strategis, salah satunya JNE. Di Harbokir 2018 ini, kerja sama antara Tokopedia dan JNE diharapkan bisa membuat pengguna memenuhi kebutuhan sehari-harinya dengan lebih efisien. (aas/ira)