Klaim Warga RW 03 Daragemmasjid: Sudah 90 Persen

0
302 views

BAROS – Penataan lingkungan RW 03, Kampung Daragemmasjid, Desa Cisalam, Kecamatan Baros, diakui tinggal 10 persen lagi. Warga tinggal menambah tanaman untuk penghijauan dan merampungkan dekorasi lingkungan dengan pengecatan.

Daragemmasjid ini memang telah berubah. Dari pintu masuk kampung ini, jalanan yang telah rapi karena dilengkapi pagar bambu dan bersih, jalanan yang dihiasi lukisan tiga dimensi telah membuat kampung ini lebih indah.

Wahana bermain anak seperti ayunan di beberapa rumah warga menambah kematangan warga mempersiapkan kampungnya menghadapi Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020. Ayunan ini dibuat untuk memanfaatkan halaman rumah warga yang kosong.

“Kalau ayunan sudah ada sekitar empat rumah yang membuat, tetapi kayaknya akan tambah lagi,” kata Sayuti yang ditunjuk sebagai penggerak warga Kampung Daragemmasjid.

Taman bermain anak juga telah rampung dibangun warga. “Mainan yang sudah dipasang (di taman bermain-red) perosotan, ayunan, dan cincin putar,” jelas Sayuti.

“Kami masih terus meningkatkan penghijauan. Kami akan lebih banyak menggunakan warung hidup. Bunga dan apotek hidup juga ada,” tambah Sayuti.

Ketua RT 11 RW 03 Muhidin menambahkan bahwa perubahan di kampungnya itu berkat kekompakan warga. Gotong royong dilakukan siang dan malam hari. Biaya kegiatan penataan lingkungan kampung ini juga ditanggung oleh warga secara gotong royong.

“Rata-rata, bambu kami enggak beli. Warga kami banyak yang punya kebun bambu. Untuk keperluan lainnya, swadaya masyarakat,” jelas Muhidin.

“Untuk peralatan pos ronda kami masih belum lengkap. Borgol dan apar (alat pemadam api ringan-red) masih belum ada. Nanti tempat cuci tangan juga akan kami pasang di beberapa titik,” pungkas Muhidin. (rio/don)