Kloter Terakhir Cilegon Diberangkatkan

CILEGON – Pemkot Cilegon bersama Kementerian Agama (Kemenag) Kota Cilegon melepas 73 jemaah calon haji di halaman kantor DPRD Kota Cilegon, Kamis (1/8). Puluhan jemaah itu merupakan kloter 60 dan kloter terakhir yang diberangkatkan dari Kota Cilegon.

Pantauan Radar Banten, pemberangkatan jemaah calon haji dilakukan sekira pukul 13.30. Seremonial pemberangkatan dimulai sekira pukul 13.00. Selain jemaah calon haji, acara itu pun dihadiri banyak anggota keluarga jemaah calon haji.

Kepala Kemenag Kota Cilegon Mahfudin menjelaskan, tahun ini total jemaah calon haji dari Kota Cilegon sebanyak 848 jemaah. Dua kloter sebelumnya kini sudah berada di tanah suci. “Kloter 60 ini merupakan kloter gabungan dengan daerah lain seperti Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Lebak,” ujar Mahfudin usai melepas jemaah calon haji.

Kata Mahfudin, daftar tunggu haji di Kota Cilegon saat ini berkisar di 11 tahun. Waktu itu menurutnya cenderung lebih cepat dibandingkan daerah lain yang mencapai 20 tahun.

Sementara itu, Walikota Cilegon Edi Ariadi menuturkan, tahun ini, Pemkot Cilegon memberikan kadeudeuh bagi jemaah calon haji. Setiap orang jemaah mendapatkan kadeudeuh sebesar Rp300 ribu. Edi berharap setiap tahun pemerintah bisa terus meningkatkan uang kadeudeuh tersebut.

Edi sendiri berharap para jemaah calon haji menjadi manusia yang lebih baik usai kembali dari tanah suci. “Kami juga meminta doanya kepada para jemaah calon haji agar mendoakan Kota Cilegon menjadi lebih baik,” paparnya. (Bayu Mulyana)