Koalisi Perubahan Ajak Gerindra-Demokrat

SERANG – Koalisi Perubahan untuk Pilkada Kabupaten Serang bergerilya untuk membangun kekuatan menuju Pilkada 2020. Koalisi ini membidik Partai Gerindra dan Partai Demokrat untuk bergabung.

Koalisi Perubahan terdiri atas empat partai politik yakni, PKS, PAN, Partai Berkarya, dan Partai Hanura. Pimpinan wilayah keempat parpol itu sudah menyatakan koalisi pada pertemuan beberapa waktu lalu.

Ketua DPW PKS Provinsi Banten Sanuji Pentamarta mengatakan, pihaknya semakin memantapkan kekuatan koalisi itu. Bahkan ia mengaku sudah mengajak beberapa parpol lain untuk bergabung.

“Komunikasi kita semakin insentif. Mungkin besok atau lusa ngajak pertemuan lagi dengan Gerindra, Demokrat masih pengen ketemu Iti (Iti Octavia Jayabaya, Ketua Demokrat Banten-red). Mungkin pekan ini bisa terwujud,” katanya kepada wartawan, Kamis (27/2).

Ia mengaku optimistis kedua parpol itu akan bergabung bersama Koalisi Perubahan. Setelah koalisi itu resmi terbentuk, selanjutnya akan ditentukan siapa tokoh yang akan diusung. “Kalau untuk calonnya kita lihat nanti siapa yang berkembang,” ujarnya.

Salah satu tokoh yang ditawarkan dari koalisi ini, kata Sanuji, yakni Najib Hamas yang juga kader PKS. Kemudian, kader dari partai lainnya juga dimunculkan seperti Masrori dari PAN, Eki Baehaki dan Wahyu Megahita Rochani dari Partai Demokrat. “Begitu juga Berkarya yang sedang mencari tokoh melalui penjaringan,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Partai Demokrat Kabupaten Serang Riki Fahrizal mengatakan, pihaknya masih menunggu keputusan dari DPP. Selain itu, pihaknya juga masih melakukan proses penjaringan bakal calon. “Setelah penjaringan selesai baru kita sampaikan ke DPP,” katanya.

Oleh karena itu, kata Riki, pengurus Demokrat di daerah belum bisa melakukan koalisi dengan partai lain. Namun komunikasi terus dilakukan. “Kalau yang lain mungkin dukungannya sudah final, kalau kita kan masih penjaringan, tapi komunikasi dengan partai lain terus kita lakukan,” pungkasnya. (jek/aas/ags)