Koboi dan Bajak Laut Ramaikan Festival Cisadane

Beberapa pegawai di jajaran Kecamatan Cipondoh bergaya di stand yang mengusung tema koboi, Jumat (26/7). Mereka juga memakai pakaian tematik ala koboi. Foto Hairul Alwan/Radar Banten

Mengusung kostum tematik, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Tangerang berlomba-lomba menampilkan konsep unik dalam gelaran Festival Cisadane 2019. Beragam jenis kostum ditampilkan di stand-stand mulai dari stand kecamatan hingga dinas-dinas di lingkup Pemkot Tangerang.

HAIRUL ALWAN – Tangerang

SEBUT saja Kecamatan Cipondoh, stand yang berada di bantaran Sungai Cisadane ini dihias dengan nuansa kayu berwarna kuning dengan corak coklat. Para pegawai yang bersiaga di stand berdandan ala koboi lengkap dengan rompi dan topi. Tambang besar berwarna coklat, velg ban hitam, dan pajangan kepala rusa semakin memperkuat nuansa budaya Amerika.

Tak hanya itu, skop, rumput kering, dan tanaman kaktus semakin menggambarkan permukiman ala western. Kecamatan yang mempunyai moto ‘BISA’ itu memang tidak mempunyai ciri khas yang mengarah pada sifat-sifat atau perilaku koboi, namun tema tersebut dipilih agar gelaran tahunan yang diadakan di sungai yang membelah Kota Tangerang itu semakin meriah.

“Kami pakai kostum koboi agar unik, terbukti tadi pengunjung banyak yang berfoto di stand Kecamatan Cipondoh,” kata Rizal Ridulloh Camat Cipondoh kepada Radar Banten, Jumat (26/7).

Meski baru sekira dua pekan menjabat sebagai Camat Cipondoh, Rizal mengaku tidak membuat ia dan jajaran pegawai di kecamatan yang ia pimpin keteteran menyiapkan tema yang disepakati bersama itu. “Saya dua minggu lalu jadi camat, kalau temanya fiks lima hari sebelum acara. Sejauh ini menurut saya cukup bagus dan meramaikan suasana Festival Cisadane tahun ini,” ungkap mantan Kabid Pariwisata Disbudpar Kota Tangerang itu.

Kata Rizal, penggunaan kostum tematik di setiap stand bukan baru tahun ini diterapkan. Untuk Cipondoh, sebelumnya sudah menggunakan kostum Betawi, rumah Cina dan beberapa kostum lainnya. “Tahun ini kami cukup total, stand juga kami hias seperti rumah atau bar koboi, kami juga memutar lagu-lagu country untuk menambah kenyamanan para pengunjung yang datang,” pungkasnya.

Tak hanya Cipondoh, stand lain yang terbilang cukup nyentrik pakaian tematiknya yakni Kecamatan Karawaci. Mereka menggunakan pakaian ala perompak atau bajak laut dengan pakaian serba hitam dan satu mata ditutup. Stand pun dihias sedemikan mungkin dengan nuansa serba hitam bak kapal bajak laut.

Selain Kecamatan Karawaci, ada beberapa stand yang juga menggunakan tema bajak laut seperti stand Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang. (*)