Kodim 0623 Cilegon Bawa Alutsista Ketemu Pelajar

Dandim 0623 Cilegon bersama pelajar SMK Negeri 1 Cilegon
Dandim 0623 Cilegon bersama pelajar SMK Negeri 1 Cilegon

CILEGON – Kodim 0623 Cilegon memperkenalkan berbagai jenis alutsista yang dimiliki Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat kepada pelajar SMK Negeri 1 Cilegon, Kamis (28/1/2016) siang. Dandim 0623 Cilegon Letkol Inf Aji Mimbarno mengatakan, pengenalan alutsista itu sekaligus sebagai sarana untuk menyampaikan sosialisasi tentang bahaya gerakan radikal yang berpotensi membidik kalangan pelajar sebagai sasaran pengikut.

“Kita datang ke sekolah-sekolah untuk memperkenalkan senjata yang dimiliki TNI AD sebagai sarana komunikasi kita untuk menyampaikan situasi terkini tentang negara kita. Juga sosialisasi tentang gerakan radikal supaya pelajar ini tidak gampang terpengaruh. Intinya adalah ke arah character building supaya membentengi mereka,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya memperkenalkan alutsista jenis senjata mesin berat, sedang dan ringan. Seperti senjata Pindad SS1, laras panjang, pistol, mortir, amunisi dan berbagai jenis senjata kaliber. “Kalau pelajar kita bisa mengerti tentang bahaya gerakan radikal itu, minimal mereka bisa menularkannya kepada keluarganya,” harapnya seraya menjelaskan bahwa kegiatan serupa secara bergiliran akan dilakukan pula ke kalangan pelajar di tingkat SMP.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri I Cilegon Widodo mengapresiasi adanya kunjungan tersebut. Menurutnya, upaya tersebut sangat efektif selain melalui materi pembelajaran yang telah diterapkan pihaknya selama ini.

“Selama ini kami juga selalu menyisipkan masukan tentang bahaya paham gerakan radikal ini di berbagai macam mata pelajaran. Seperti itu di PPKN, Bela Negara dan sebagainya. Kami juga rutin melaksanakan bakti sosial agar pelajar ini ada rasa peduli antar sesama, dan mengajak pelajar untuk menjunjung adat ketimuran. Pola sosialisasi dari Kodim Cilegon ini juga telah menambah wawasan pelajar kami tentang alutsista,” katanya. (Devi Krisna)