Komisi II DPRD Banten Dorong UKM

SERANG – Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, Komisi II DPRD Provinsi Banten mendorong usaha kecil dan menengah (UKM) pada masyarakat. Hal tesebut diungkapkan Ketua Komisi II AH Yansen Tambunan dalam acara Jaring Aspirasi Masyarakat ‘Peran Pemerintah dalam Pemberdayaan UKM Masyarakat’ di salah satu kafe di Kota Serang, Selasa (22/8).

Yansen mengatakan, saat diketahui bersama bahwa keberadaan UKM di masyarakat seperti jalan dan tidak jalan. Menurutnya, keberadaan UKM bagi masyarakat sangat penting. “Kami mendorong pemerintah agar untuk memaksimalkan potensi UKM,” ujarnya.

Menurut Politisi Partai Demokrat ini, peran UKM sangat penting dalam rangka meningkatkan perekononian masyarakat. “Peran UKM saat ini bagus, tapi dapat dilihat ada beberapa Koperasi yang belum aktif,” terangnya

Ke depan pihaknya berharap, UKM bisa lebih maju lagi, karena memang usaha ini harus dimulai dari kreativitas dan keinginan masyarakat sehingga ke depan bisa berjalan. “Ke depan untuk mendorong pemerintah dalam melakukan percepatan,” katanya. Misalkan usaha keripik, ke depan harus ada inovasi baik jenis maupun kemasan. “Peran pemerintah memberikan bimbingan kepada masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang UKM pada Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten, Lukman mengatakan, saat ini di Banten ada sekira 983.311. Sedangkan, yang menjadi kewenangan Pemprov sebanyak 153 ribuan UKM. “UKM itu tentu penting untuk bertahan hidup dan mensejahterakan masyarakat,” katanya.

Ke depan, kata dia pihaknya terus berupaya untuk melakukan inovasi terutama dalam pemasaran dan kemasan produk UKM. Pihaknya memfasilitasi UKM dalam pasar, perizinan, dan legalitas halal. “Kita harus menemukan wirausaha baru, karena kalau ini bisa ditemukan maka akan mengurangi angka kemiskinan di Banten,” terangnya.

Kata dia, di Banten sudah ada payung hukum untuk UKM yaitu Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 tahun 2016 tentang Pemberdayaan Pengembangan dan Perlindungan Koperasi dan UKM. (ADVERTORIAL/DPRD PROVINSI BANTEN)