Komisi II Evaluasi Kegiatan Biro Ekbang 2015

DPRD Provinsi Banten

DPRD Provinsi Banten
Suasana rakor Komisi II DPRD Banten dengan Biro Ekbang Pemprov Banten di ruang rapat Komisi II, Selasa (5/1/2016).

SERANG – Pimpinan dan anggota Komisi II DPRD Provinsi Banten menggelar rapat koordinasi (Rakor) dengan Biro Ekonomi dan Administrasi Pembangunan (Ekbang) Provinsi Banten di ruang rapat Komisi II di KP3B, Curug Kota Serang, Selasa (5/1/2016). Rakor tersebut terkait dengan evaluasi program dan kegiatan pada pelaksanaan APBD tahun anggaran 2015. “Rakor dengan Biro Ekbang ini terkait dengan evaluasi program dan kegiatan tahun anggaran 2015,” kata Ketua Komisi II DPRD Provinsi Banten Imannudin Sudirman Karis, usai memimpin Rakor.

Menurutnya, berdasarkan hasil rakor, pelaksanaan program dan kegiatan yang dilakukan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) mitra kerja Komisi II di bawah Biro Ekbang, penyerapan anggarannya sudah mencapai 90 persen. SKPD tersebut yakni, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak), Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP), dan Dinas Koperasi dan UMKM. “Berdasarkan hasil evaluasi, tingkat penyerapan anggaran SKPD itu rata-rata sudah mencapai 90 persen,” ujarnya.

Ditegaskan Imannudin, untuk mengetahui realisasi program dan kegiatan dengan tingkat penyerapan anggaran yang dilakukan SKPD tersebut, dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan kunjungan lapangan. “Untuk membuktikan tingkat penyerapan anggaran dengan hasil pelaksanaan program dan kegiatan SKPD itu, kami akan melakukan kunjungan lapangan,” tegasnya.

Jika dalam kunjungan lapangan tersebut terdapat ketidaksesuaian antara serapan anggaran dengan pelaksanaan program dan kegiatan, lanjutnya, masing-masing SKPD akan diminta untuk segera melakukan perbaikan sehingga pada pelaksanaan program dan kegiatan tahun anggaran 2016 tidak terulang kembali. “Kami ingin pelaksanaan kegiatan SKPD mitra kerja Komisi II pada tahun anggaran 2016 ini lebih maksimal, karena itu jika ada kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan tahun anggaran 2015 harus dilakukan perbaikan,” jelasnya. (DPRD Provinsi Banten/ADVERTORIAL)