Komisi Informasi Banten Berikan Anugerah Kepada Badan Publik Terbaik 2015

Komisi Informasi Banten

Para Komisioner KI Banten dan staf foto bersama usai acara.

SERANG – Pada Selasa (22/12/2015), di Pendopo Gubernur Banten KP3B, Komisi Informasi (KI) Banten memberikan Penganugerahan Badan Publik Terbaik kepada SKPD Tingkat Provinsi Banten dan pemerintah kabupaten/kota se-Banten tahun 2016. Kegiatan ini dihadiri oleh Gubernur Banten yang diwakili Asda II Pemprov Banten Ir Iing Suwargi, Komisioner KI Pusat Yhannu Setyawan SH, Ketua Komisi I DPRD Banten Zaid El-Habib. Juga perwakilan dari Polda Banten, Kejati Banten, Pengadilan Banten, Pengadilan Tinggi Agama Banten, PTUN, perwakilan Badan Publik, perwakilan kabupaten/kota, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, dan lain-lain.

KI Banten dibentuk pada tahun 2011 yang merupakan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Pemprov Banten kemudian merespon pembentukkan KI ini didasarkan bahwa keberadaan lembaga ini sangat amat penting di zaman yang semakin maju ini, terutama dalam keterbukaan informasi publik.

Kegiatan pemeringkatan badan publik ini merupakan program kerja tahunan KI Banten. Diharapkan badan publik terus melakukan inovasi dalam keterbukaan informasi publik.

Pada 7 Undang-Undang KIP menyebutkan; bahwa  (1). Badan Publik wajib menyediakan, memberikan dan/atau menerbitkan informasi publik yang berada di bawah kewenangannya kepada pemohon informasi publik, selain informasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan.  (2).  Badan Publik wajib menyediakan informasi publik yang akurat, benar, dan tidak menyesatkan. (3). Untuk melaksanakan kewajiban itu, badan publik harus membangun dan mengembangkan sistem informasi dan dokumentasi untuk mengelola informasi publik secara baik dan efisien sehingga dapat diakses dengan mudah. (4). Badan Publik wajib membuat pertimbangan secara tertulis setiap kebijakan yang diambil untuk memenuhi hak setiap orang atas informasi publik.

Sedangkan Pasal 8 UU KIP berbunyi: kewajiban Badan Publik yang berkaitan dengan kearsipan dan pendokumentasian informasi publik dilaksanakan berdasarkan peraturan perundang-­undangan. (ADVERTORIAL/Komisi Informasi Provinsi Banten)

Inilah Badan Publik Kategori SKPD se-Pemprov Banten Terbaik Dalam Transparansi Informasi Publik:

  1. Kantor Penghubung
  2. Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah
  3. Badan Lingkungan Hidup Daerah
  4. Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu
  5. Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah
  6. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah
  7. Badan Kepegawaian Daerah
  8. Biro Ekonomi dan Administrasi Pembangunan
  9. Biro Humas dan Protokol
  10. Sekretariat Komisi Penyiaran Indonesia Daerah

Inilah Badan Publik Kategori Pemerintah Kota/Kabupaten se-Provinsi Banten Terbaik Dalam Transparansi Informasi Publik:

  1. Kota Tangerang
  2. Kabupaten Pandeglang
  3. Kabupaten Tangerang