LEBAK – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Lebak memastikan masa jabatan anggota Komisi Transparansi dan Partisipasi (KTP) berakhir pada 6 Februari 2019. Pemkab sampai sekarang belum membuka pendaftaran calon anggota KTP, karena masih melakukan kajian terkait pembentukan komisi informasi dan pembubaran KTP.

Kepala Diskominfo Lebak Doddy Irawan menyatakan, pemerintah daerah telah menerima surat dari Kementerian Dalam Negeri yang meminta daerah membentuk Komisi Informasi di setiap kabupaten kota. Untuk itu, Diskominfo mendapat tugas dari Bupati Iti Octavia Jayabaya untuk melakukan kajian dan meminta pendapat hukum mengenai pembubaran atau tetap mempertahankan KTP.

“Kalau masa jabatannya udah berakhir dan tidak mungkin diperpanjang lagi. Karena itu, sekarang sedang terjadi kekosongan kepengurusan di lembaga KTP Lebak,” kata Doddy Irawan kepada Radar Banten, Selasa (12/2).

Terkait transparansi dalam penyelenggaraan pemerintahan, Doddy mengklaim keterbukaan informasi di Lebak sudah berjalan dengan baik. Bahkan, di Diskominfo dan organisasi perangkat daerah (OPD) telah ada pejabat pengelola informasi daerah (PPID) yang siap melayani masyarakat dalam memberikan informasi mengenai kegiatan pembangunan.

“Untuk urusan partisipasi di Lebak, kita sekarang sudah melaksanakan musyawarah rencana pembangunan di tingkat desa. Bahkan kegiatan serupa sedang berjalan di tingkat kecamatan,” terangnya.(Mastur)