Komisi V DPRD Banten Kunker ke Balai Besar Rehabilitasi

DPRD Provinsi Banten

DPRD Provinsi Banten
DPRD Provinsi Banten

KOMISI V DPRD Provinsi Banten melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Bogor, Jawa Barat. Kunjungan dilakukan ke dua lokasi sekaligus, yaitu Balai Besar Rehabilitasi Vokasional Bina Daksa (BBRVBD) dan Panti Sosial Grahita Ciung Wanara.

Menurut Wakil Ketua Komisi V DPRD Banten, Yoyon Sujana, BBRVBD merupakan balai terbesar se-Asia Tenggara. “Ini merupakan hasil kerjasama antara Kemensos dengan pemerintah Jepang yang diresmikan 29 Desember 1997,” kata Yoyon, Minggu (28/2/2016).

Menurut Yoyon, di balai tersebut, para penyandang cacat diberikan pelatihan keterampilan bekerja seperti ilmu komputer, mekanik, dan yang lainnya. “Mereka dididik selama sembilan bulan kemudian ditambah 45 hari latihan di balai pelatihan kerja,” ujar Yoyon.

Menurutnya, hal tersebut bisa diterapkan di Provinsi Banten, karena sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya mereka penyandang cacat. Sehingga mereka bisa mendapatkan penghidupan yang layak.

“Sedangkan di Panti Sosial Grahita Ciung Wanara, yang ditampung adalah anak usia kisaran 15 hingga 35 tahun, di sini khusus kategori disabilitas intelektual. Mereka mendapatkan pendidikan selama empat tahun, setelah itu dikembalikan kepada keluarganya. Dan ini pun sangat bagus di Banten,” ujarnya. (Humas DPRD Provinsi Banten/ADVERTORIAL/Bayu)