Kompak, Warga yang Merantau pun Ikut Iuran

0
453 views

BINUANG – Demi kampungnya, warga RW 04, Kampung Cibiuk, Desa Sukamampir, Kecamatan  Binuang, tak cuma menyumbangkan tenaga. Mereka pun ikhlas menyisihkan uangnya untuk membiayai kegiatan warga di Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020.

Hebatnya, iuran itu tidak hanya diberikan oleh warga yang tinggal di RW 04. Warga kampung ini yang merantau ke luar daerah pun ikut berpartisipasi agar kampungnya menjadi bersih, aman, dan indah.

“Swadaya warga Kampung Cibiuk dilakukan setiap seminggu sekali, dan terus dilakukan selama masih ada penataan. Itu sudah kesepakatan. Bahkan, warga kami yang ada di Palembang juga ikut swadaya dengan mentransfer. Swadaya di kami kebanyakan uang, semua semangat,” ungkap Ketua RT 13 RW 04 Madrusuh.

Sebagai bentuk kekompakan warga, menurutnya, lingkungan dua RT di RW 04 ditata semua. Warga berharap, seluruh lingkungan kampungnya menjadi indah.

“Kalau cuma satu RT yang ditata, enggak enak dilihatnya,” ungkap Madrusuh.

Sepekan sebelum penilaian tahap pertama LKBA 2020, warga RW 04 telah mulai mempersiapkan kampungnya. Dan untuk menghadapi penilaian tahap dua, warga sudah mulai mempersiapkan penghijauan dan pembuatan taman.

“Penataan kami siang-malam. Kalau malam, anak-anak muda yang banyak turun, karena mereka siangnya kerja di pabrik. Mereka (pemuda-red) diberikan kebebasan berkreasi menata kampung, dari ngecat jalan dengan lukisan tiga dimensi, merapikan pos ronda, dan pemagaran. Kalau ibu-ibu fokus penghijauan,” jelas Madrusuh.

Ketua RW 04 Ahyani menambahkan, warganya menggunakan tanaman bunga sebagai penghijauan di pinggir jalan. Apotek hidup dan warung hidup juga akan dibuat di satu area di tengah kampung.

“Selain taman apotek hidup, taman bermain juga akan dibuat di depan kampung,” pungkas Ahyani. (rio/don)