Kompetisi Olahraga Ekstrem IOXC Segera Digelar di Serang

asosiasibmx.com

SERANG – Kabar gembira bagi Anda para pencinta olahraga ekstrem seperti Agresive Inline Skate, Skateboard, BMX freestyle, B-Boys battle, dan Basket freestyle. Karena Indonesia Open X-sport Championship (IOXC) akan kembali digelar di Alun-alun Barat Kota Serang pada 30 September sampai 2 Oktober 2016 mendatang, dengan total hadiah sebesar Rp400 juta.

Kabid Olahraga Tantangan Petualangan dan Pariwisata pada Dispora Kota Serang, Bambang Hermansyah mengatakan, IOXC yang akan digelar nanti merupakan yang kedelapan kalinya diselenggarakan di Alun-alun Kota Serang. Peserta IOXC pun bisa mencapai lebih dari 350 orang peserta dari dalam maupun luar negeri.

“Nanti akan hadir pemain pro dunia dari Eropa dan Amerika, juga Jepang serta beberapa negara lainnya seperti Australia, Kolombia, Chili, Kanada sampai negara-negara ASEAN lainya,” kata Bambang saat rapat koordinasi di Sekretariat BMX Serang, Jumat (26/8).

Bambang juga mengatakan, pada event tersebut mempunyai konsep penggabungan olahraga dengan entertainment yang disebut sportainment, dan didukung pula oleh penampilan music band dan DJ. Bahkan dimeriahkan dengan bazaar yang akan diperuntukkan pada UMKM serta para komunitas peserta.

Lebih lanjut, Kata Bambang, IOXC adalah event lomba extreme sports yang berskala internasional, dan saat ini sebagai event terbesar di Asia Tenggara serta Asia.

“Kelebihan lain dari event ini adalah dalam satu arena lomba yang disebut park course, dilombakan tiga jenis disiplin olahraga yaitu BMX, Inline skate dan Skateboard yang hanya ada di event IOXC ini. Di negara lain belum ada,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua ABI (Asosiasi BMX Indonesia) Banten, Oman Solihin menambahkan, pelaksanaan IOXC itu harus bisa berjalan sesuai rencana, dan Kota Serang selaku tuan rumah bisa menjadi tuan rumah yang baik.

“Ini event terbesar di Asia dan ini merupakan kesempatan Kota Serang untuk go internasional, dan sebagai ajang promosi Kota Serang ke seluruh dunia. Sesuai dengan harapan Pak Walikota yang disampaikan dalam audensi dengan Deputi Kemenpora pada 29 April lalu,” ucapnya. (AdeF)