Kompolnas Sebut Polres Cilegon Tak Punya Hutang Pidana Pemilu

0
493 views

CILEGON – Pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Banten tahun 2017 yang dilakukan oleh Polres Cilegon menjadi bahan evaluasi oleh Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Dari hasil evaluasi yang dilakukan, Kompolnas menilai Polres Cilegon menjadi salah satu wilayah yang tidak memiliki hutang pidana pemilu yang belum terselesaikan.

“Polres Cilegon telah melaksanakan tugas pengamanan pilkada dengan sangat baik. Kita meninjau bagaimana kesiapan Polri dalam pilkada serentak khususnya di Kota Cilegon. Kita mengevaluasi menyangkut lima variabel,” ujar anggota Kompolnas Dede Farhan Aulawi saat menyambangi Mapolres Cilegon, Jumat (3/3).

Dijelaskan Dede, kelima variabel tersebut diantaranya dinilai dari hasil identifikasi setiap potensi kerawanan pilkada yang dilakukan oleh Polres Cilegon, langkah antisipasi, penilaian dari pihak KPU Cilegon dan Panwaslu Cilegon kepada Polres Cilegon, dan penyelesaian pelanggaran pidana pemilu.

“Peninjauan langsung dari tim Kompolnas keliling Kota Cilegon, ternyata suasananya aman dan kondusif. Artinya bagus,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Cilegon AKBP Raden Romdhon Natakusuma mengatakan, telah  semaksimal mungkin dalam melakukan pengamanan Pilkada Banten. Namun demikian, ia berpesan agar para pendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang menang di putaran pilkada untuk tidak merayakan kemenangannya secara berlebihan.

“Kita masih akan meredam situasi konflik. Antisipasi bilamana ada reaksi dari yang kalah maupun yang menang. Yang menang jangan merayakan berlebihan, apabila diumumkan karena dampaknya dapat menimbulkan konflik. Yang kalah juga jangan melakukan hal-hal yang bersifat negatif,” tuturnya. (Riko)