SERANG-Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Serang telah menetapkan jadwal pelaksanaan Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) VII Serang 2018. Musorkab yang agenda utamanya adalah memilih ketua umum KONI Kabupaten Serang periode 2017-2021 itu akan digelar pada 13 Mei mendatang.

Ketua Umum KONI Kabupaten Serang Eki Baihaki mengatakan, sesuai dengan hasil rapat pleno pengurus menetapkan pelaksanaan Musorkab VII Serang 2018 pada 13 Mei mendatang.

“Dengan ditetapkannya waktu pelaksanaan musorkab, itu artinya kita harus segera membentuk tim penjaringan dan penyaringan. Setelah itu baru dimulai tahapan lainnya seperti membuka masa pendaftaran, itu harus segera dilakukan,” kata Eki usai memimpin rapat pleno pengurus di ruang meeting ATN, Ciracas, Kota Serang, Rabu (11/4) malam.

Eki menambahkan, awalnya ia mengusulkan musorkab dilangsungkan pada 6 Mei. Namun, sarannya dibantahkan pengurus lainnya lantaran saat bersamaan juga dilangsungkannya Popda IX Banten 2018 di Kabupaten Tangerang. “Saya juga ingin cepat agar kepengurusan KONI Kabupaten Serang segera terbentuk,” katanya.

Menurut dia, banyak agenda yang harus dijalankan, salah satunya menyiapkan kontingen atau atlet untuk menghadapi Porprov V Banten 2018 di Kabupaten Tangerang. “Namun, setelah dilakukan rapat pleno pengurus, muncullah saran dan masukan dari pengurus yang hadir meminta pelaksanaan musorkab dilaksanakan pada 13 Mei setelah Popda IX Banten 2018 di Kabupaten Tangerang yang dimulai 4-11 Mei mendatang selesai,” imbuhnya.

Agenda KONI Kabupaten Serang, lanjutnya, tidak bisa lepas dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora). “Popda kan agenda Disparpora, jadi kita tidak bisa mengeyampingkan itu. Kita juga tidak bisa mungkiri kalau anggota pengcab Kabupaten Serang banyak yang akan terlibat di perhelatan popda nanti. Jadi, jangan sampai ada suara sumbang yang mengatakan kalau KONI sengaja mengulur-ulurkan pelaksanaan musorkab,” tegasnya.

Ketua Bidang Organisasi KONI Kabupaten Serang Dedi Arif Rohidi menyatakan, pelaksanaan musorkab dipastikan akan digelar. “Jadi, jangan khawatir kalau musorkab tidak digelar, pasti digelar kok. Cuma kita harus menyesuaikan dengan agenda lain. Bukan kita mengulur-ulurkan jadwal pelaksannya, tapi banyak hal yang menjadi kendala. Salah satunya menunggu anggaran dana hibah yang belum turun,” ucapnya singkat. (dre/ibm/dwi/RBG)