Ketua KONI Kabupaten Serang Pujianto memberikan arahan kepada para atlet usai menjalani tes fisik kedua yang berlangsung di Stadion maulana Yusuf Kota Serang. Puji meminta agar atlet terus giat berlatih untuk meraih prestasi.

SERANG – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Serang menggelar tes fisik bagi para atletnya yang siap berkompetisi di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Banten 2018. Tes fisik yang berlangsung di Stadion Maulana Yusuf itu, merupakan tes kedua dan merupakan bagian pemantapan dari latihan yang telah dijalani atlet.

Ketua KONI Kabupaten Serang Pujianto menegaskan, atlet Kabupaten Serang siap bertanding di Kabupaten Tangerang yang merupakan tuan rumah Porprov V Banten. Ia menilai, perkembangan atlet Kabupaten Serang cukup signifikan dibandingkan saat tes fisik yang digelar pertama.

“100 persen atlet mengikuti tes fisik kedua ini. Alhamdulillah, kami melihat kekuatan fisik atlet Kabupaten Serang mengalami peningkatan dibanding tes sebelumnya. Bahkan, sudah ada 30 persen atlet kita yang tes fisiknya setara dengan atlet nasional,” ujar Pujianto kepada Radar Banten bangga, Minggu (14/10).

Selanjutnya, kata Puji, pihaknya akan melakukan pembinaan mental bagi para atlet. Rencananya, Puji akan mengundang pemateri bertaraf nasional untuk memberikan penyuluhan agar mental atlet kian mantap.

“Tidak ada waktu bersantai. Kurang lebih satu atau dua minggu sebelum bertanding, atlet akan kita gembleng di pelatihan mental, lebih bersifat psikologis. Ini paling penting sendiri setelah fisik agar mereka punya mental petarung, mental para patriot,” terangnya.

Ketua Pelatihan Kabupaten (Pelatkab) Serang Verry Yugangga menambahkan, tes fisik kedua untuk melihat sejauh mana kekuatan atlet Kabupaten Serang sebelum diterjunkan pada pesta olahraga terbesar se-Banten tersebut pada November.

Sama dengan tes fisik pertama, ada kekuatan dan daya tahan. Katanya, ada lima item tes fisik, mulai dari push up, sit up, standing boardjump dan lainnya. “Saya melihat kemampuan atlet Kabupaten Serang telah meningkat,” ujarnya. (rbs/zai/ags)