SERANG – Langkah KONI Kota Serang untuk melenggang menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Banten 2018 sudah kian sempurna. Sebanyak 12 cabang olahraga (cabor) yang akan diikutsertakan telah dinyatakan melengkapi berkas administrasi.

Jumat (19/10), berkas atlet Kota Serang yang telah dikumpulkan oleh KONI Kota Serang dilakukan pengecekan oleh tim verifikasi porprov dari Kabupaten Tangerang. Pengecekan berkas tersebut berlangsung di kantor KONI Kota Serang. Pengecekan dilakukan secara manual.

Untuk diketahui, pada Porprov V Banten November mendatang, KONI Kota Serang menyatakan kesiapannya untuk mengikuti 35 cabang olahraga yang diperlombakan. Sisa dari 12 cabor yang telah dinyatakan lengkap akan menjalani pengecekan berkas pada Sabtu, 20 Oktober hari ini.

“Untuk sementara ini, sesuai hasil yang ada di lapangan berkas dari 12 cabor alhamdulillah lengkap,” kata Asman, Ketua Tim Verifikasi Porprov Kabupaten Tangerang.

Asman menyebutkan, data yang diverifikasi oleh pihaknya, yakni kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el), ijazah, akta kelahiran, kartu keluarga, dan surat mutasi atlet. Kendati KONI kota kabupaten telah mengirimkan data atletnya secara online, pengecekan kelengkapan setiap data atlet yang akan tampil di multievent olahraga empat tahunan tersebut tetap harus dilakukan secara langsung.

“Kami diberi amanat untuk mengecek berkas secara manual. Fotokopian setiap berkas atlet selanjutnya akan diserahkan kepada Ketua I Tim Keabsahan Atlet Porprov V Banten Pak Abdul Gani. Selasa pekan depan tahapan selanjutnya adalah keabsahan atlet. Seluruh cabor dari kabupaten kota wajib membawa seluruh berkas atlet yang aslinya,” tuturnya.

Ketua Tim Satuan Tugas (Satgas) Porprov Kota Serang Edy Irianto menilai yang dilakukan oleh tim verifikasi tuan rumah Porprov V Banten kurang efektif dan efisien. Penilaian itu dinilai berbeda dengan saat Kota Serang menjadi tuan rumah Porprov Banten 2014.

“Ini prosesnya bertele-tele dan kelamaan. Tahapan ini harusnya sudah masuk keabsahan atlet. Ini baru diverifikasi dulu, keabsahaannya baru dilaksanakan Selasa pekan depan, sedangkan waktunya sudah mepet,” katanya. (rbs/ibm/dwi)