Atlet panahan Kota Serang menjalani latihan pelatkot tahap I di Lapangan Perumahan Citra Gading, Cipocokjaya, Kota Serang, Rabu (7/2).

SERANG-Jelang pemusatan latihan kota (pelatkot) tahap II guna persiapan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Banten 2018, KONI Kota Serang kembali akan memanggil 40 pengurus cabang olahraga (pengcabor) binaan. Pemanggilan pengcabor bertujuan untuk kembali menyatukan visi misi mempertahankan juara umum pada multievent olahraga terbesar Banten yang akan berlangsung di Kabupaten Tangerang, November 2018.

Ketua Umum KONI Kota Serang Deni Arisandi mengatakan, selain untuk menyatukan visi misi menghadapi porprov, pemanggilan pengcabor juga bertujuan untuk merumuskan kembali data atlet yang terkena promosi dan degradasi. “Kan pada pelatkot tahap I yang dimulai sejak Maret sampai Desember 2017 lalu, kita belum ada menerapkan sistem promosi dan degradasi. Nah, di pelatkot tahap II ini kita mulai memberlakukan sistem itu (promosi dan degradasi atlet) dan kami butuh bantuan pengcabor terkait data atletnya,” kata Deni kepada Radar Banten, Rabu (7/2).

Deni menambahkan, itu semua dilakukan untuk merampingkan atlet yang akan diberangkatkan ke Porprov V dan yang dikirim ke medan tempur hanya atlet-atlet berpeluang meraih medali. “Kita tidak bisa memberangkatkan semua atlet. Di sana (porprov-red) gengsi daerah yang dibawa. Apalagi beban kita sangat berat, yakni mempertahankan gelar juara umum. Jadi, kita hanya akan memberangkatkan atlet yang memiliki peluang meraih medali saja,” tuturnya.

Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Pelatkot KONI Kota Serang Edy Irianto menegaskan, sistem promosi dan degradasi memang perlu dilakukan bila ingin mempertahankan mahkota juara umum di Kabupaten Tangerang. “Kami jadi bisa memetakan mana atlet andalan, potensial, dan cabor yang berpeluang meraih medali,” ucapnya.

Lagipula, lanjut pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Catur Indonesia (Pengprov Percasi) Banten itu, pengcabor sudah tahu dan sepakat sejak awal dengan usulan program tersebut. “Rencananya, dalam beberapa hari ke depan sudah kita panggil pengcabor. Semakin cepat semakin baik. Soalnya, pelatkot tahap II kan rencananya dimulai Februari ini,” jelasnya.

Bila semua sudah terlaksana, Edy yakin Kota Serang mampu meraih apa yang ditargetkan sejak awal. “Saya berharap, semoga semuanya bisa berjalan sesuai dengan harapan kita semua dan Kota Serang bisa mempertahankan mahkota juara umum,” pungkasnya. (Andre AP/RBG)

BAGIKAN