Konser Gotun VI Suguhkan Seni Tradisi dan Modern

SERANG – Jejeran lukisan dari beragam bentuk dan gaya terpajang di salah satu stan Konser Gotun VI yang digelar Unit Kegiatan Mahasiswa Gema Seni Budaya Islam Campus (Gesbica) IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Kegiatan yang bertema World Music Opera Banten ini menyuguhkan beragam karya seni mulai seni rupa, permormance art, hingga musik etnis dan kontemporer.

Sementara pada panggung utama, terlihat drum, gitar elektrik, gamelan berbagai ukuran, dan alat musik tradisional lainnya. “Musik kearifan lokal ada nuansa lokal. Gabungan musik lokal ada lagu ‘Tur Batur Dolanan’ dengan bahasa Jawa Banten tentang permainan anak dalam bentuk lagu,” ujar Sohibul Ilmi, Pimpinan Produksi Gotun VI, kepada radarbanten.com, Rabu (20/8/2014).

Selain lagu ‘Tur Batur Dolanan’, lagu ‘Jereh Bu Guru’ karya Aliman yang berisi nasihat seorang ibu guru kepada siswanya siap memanjakan telinga para pendengar konser Gotun ini. “Kita garap selama tiga bulan. Kang Ival Aziz Muslim yang aransemen musik modern, dan Kang Iksan Gumilar yang aransemen musik tradisi,” jelasnya.

Kemasan acara yang kental akan nuansa tradisi juga akan muncul dalam suguhan tari tradisi yang akan manggung dengan gerakan-gerakan khas Banten. “Tari juga ada. Sebenarnya ini semula tampilan teater tapi kita kemas jadi penuh dengan gerak tari. Kita nyoba buat berkesenian gak mikirin kata orang, yang penting berkarya dengan cara kita,” paparnya.

Acara ini berlangsung dari 19-20 Agustus 2014. Kegiatan dua tahunan ini juga dimeriahkan dengan pameran seni rupa, musik etnis dan musik modern juga tari.(Wahyudin)