Konser Kemanusiaan Kumpulkan Ratusan Juta Rupiah dari Serang

Penyanyi religi Opick bernyanyi bersama dengan siswa/i TK, SD, dan SMP Al-Azhar, Kota Serang, saat konser kemanusiaan peduli Palestina di YPI Mu’awanatusy Syubban Kaujon, Kota Serang, Sabtu (31/3).

SERANG – Konser Kemanusiaan bertajuk Cinta dan Kemanusiaan Peduli Palestina di YPI Mu’awanatusy Syubban, Kaujon, Kota Serang, Sabtu (31/3), berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp323 juta. Dana itu akan disumbangkan untuk membantu anak-anak korban konflik di Palestina.

Acara yang dimulai pukul 08.30 WIB itu dihadiri oleh siswa TK, SD, dan SMP Al-Azhar Kota Serang. Sejumlah pejabat juga tampak hadir antara lain Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Banten Komari, Wakil Walikota Serang Sulhi, Kapolres Serang Kota AKBP Komarudin, dan tamu undangan lain.

Dalam konser kemanusiaan itu, Opick membawakan beberapa lagu-lagu hits. Lagu berjudul Assalamualaikum menjadi lagu pembuka dari Opick. Hadirin yang hapal lagu itu langsung mengikuti setiap bait lagu yang dibawakan Opick. Suasana langsung riuh dan semarak.

Ketua Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Mu’awanatusy Syubban yang menanungi TK, SD dan SMP Al-Azhar, Ahmad Yani, mengatakan, konser kemanusiaan itu untuk menumbuhkan rasa peduli di kalangan siswa terhadap penderitaan anak-anak Palestina. “Kami ingin menanamkan rasa kepedulian kepada siswa. Penanaman karakter terhadap anak penting dilakukan sejak dini,” katanya.

Kehadiran penyanyi kenamaan Opick, kata dia, diharapkan mampu mendorong semangat siswa-siswi untuk membantu saudara seiman di Palestina. Ia berharap, sikap dermawan terus tertanam dalam diri siswa-siswi Al-Azhar.

Sementara Opick dalam acara tersebut mengatakan, ribuan hingga jutaan anak-anak di Palestina hidup dalam keadaan tidak aman seperti halnya di Indonesia. “Satu juta anak-anak tidak mendapatkan perlakuan baik di Palestina. Saya pernah kesana melihat kondisinya dengan jelas,” katanya.

Ia menjelaskan, konser amal ini tiada lain untuk meringankan beban saudara seiman dan seagama di Palestina terutama anak-anak. Mereka saat ini dalam kondisi tidak berdaya. Di samping kesulitan mendapatkan makanan, anak-anak Palestina juga membutuhkan bantuan lain untuk bertahan hidup seperti obat-obatan dan makanan. “Uluran bantuan dan doa menjadi hal yang utama bagi mereka yang hidup di sana,” katanya.

Dua jam di atas panggung, Opick langsung memanggil hadirin untuk mendonasikan hartanya dengan cara lelang. Lelang dilakukan untuk kaligrafi bernilai Rp20 juta. Selain itu, Opick juga memanggil audiens yang akan memberikan donasi dengan perincian sebesar Rp10 juta, Rp5 juta, hingga Rp1 juta. “Alhamdulillah pada acara ini terkumpul dana Rp323 juta. Ini akan kami salurkan bersama Sahabat Palestina Memanggil,” katanya.

Opick menambahkan sudah keliling lebih dari 100 kota di Indonesia. “Saya keliling Indonesia, sudah hampir 100 kota di Indonesia. Kami juga akan ke Turki dan Lebanon untuk menggelar konser amal,” pungkasnya. (Fauzan D/RBG)