Konsolidasi dan Kembara 2019, PKS Optimistis Menangkan Pilkada 2020

SERANG – Hasil Pemilu 2019 menjadi tolok ukur bagi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyongsong Pilkada 2020. Partai peraih suara terbanyak keempat itu optimistis akan memenangkan empat pilkada di Banten tahun depan.

Hal itu terungkap dalam acara Konsolidasi dan Kemah Bakti Nusantara (Kembara) 2019 PKS Banten, yang dihadiri Presiden PKS Sohibul Iman dan 5.000 kader PKS se-Banten di Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, Sabtu-Minggu (14-15/12).

Ketua Departemen Pemenangan Pilkada Wilayah DKI, Banten, dan Jabar DPP PKS Budi Prajogo mengungkapkan, amanat DPP untuk PKS Banten adalah memenangkan empat Pilkada 2020 di Banten dan menyertakan kader sebagai kontestan pilkada. “Presiden PKS juga mengamanahkan 2020 sebagai tahun rekrutmen kader. Dengan melakukan program training orientasi partai dan pendaftaran anggota baru,” tuturnya.

Budi yang saat ini menjabat wakil ketua DPRD Banten menambahkan, Presiden PKS juga meminta pengurus partai di daerah berkomunikasi dengan semua elemen bangsa dari semua agama demi kemajuan bangsa.

“Dalam cita-cita PKS yang tertuang di AD ART Pasal 5 disebutkan bahwa PKS menjadi partai pelopor dalam mewujudkan cita-cita nasional bangsa seperti yang dimaksud dalam pembukaan UUD 1945,” tegasnya.

Hal senada disampaikan mantan bupati Pandeglang yang saat ini menjadi anggota DPR Fraksi PKS, Dimyati Natakusumah. Ia menambahkan, konsolidasi internal PKS Banten semakin menambah optimisme kader menyambut pilkada serentak di Banten. “Alhamdulillah kegiatan Kembara 2019 dihadiri ribuan kader ini memberi spirit untuk kemenangan dalam setiap event politik, baik pilkada maupun pemilu,” ujarnya.

Dikatakan Dimyati, dengan kebersamaan tercipta kekompakan dan kesiapan kader dalam menghadapi hal-hal apa pun demi kepentingan bangsa. “Kader PKS siap berada di tengah-tengah masyarakat,” paparnya.

Terkait empat pilkada di Banten 2020, lanjut Dimyati, PKS optimistis bisa membangun koalisi untuk menjadi pemenang di Banten. “Pilkada Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Cilegon dan Tangsel, PKS sangat siap memenangkannya,” kata Dimyati.

Sementara itu, Sekretaris Umum DPW PKS Banten Gembong R Sumedi mengatakan akan menindaklanjuti arahan Presiden PKS terkait Pilkada 2020. “Soliditas dan militansi kader akan terus dijaga karena itu modal utama kader-kader PKS serta membangun komunikasi dengan partai dan elemen masyarakat yang lain,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPW PKS Provinsi Banten Sanuji Pentamarta mengatakan, pihaknya akan merekrut 678.000 anggota PKS baru pada 2020. “Ini merupakan amanah dari DPP bahwa pada 2020 kita akan serahkan kartu anggota PKS sebanyak 678 ribu kepada kader baru,” kata Sanuji saat memberikan sambutan Kembara 2019 di Pantai Karibea, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, Sabtu (14/12).

Sanuji menambahkan, hasil kerja keras kader pada Pemilu 2019, PKS mendapatkan kemenangan yang luar biasa. Hasil perolehan suara PKS Banten mendapat suara 379 ribu pada 2014 manjadi 661.519 pada 2019.  “Walau kita posisi keempat di Banten, tapi raihan kursi di DPRD Banten sama dengan partai pemenang ketiga (Golkar),” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sanuji mengapresiasi seluruh kader PKS yang tetap setia pada partai meski belum pernah menjadi pejabat partai. “Salam kecintaan saya kepada kader PKS yang tidak pernah menjadi pejabat, tidak pernah menjadi caleg, tapi memiliki kesetiaan pada partai ini,” tegasnya.

Mantan anggota DPRD Banten itu juga mengajak ribuan kader PKS untuk meneguhkan komitmen terhadap Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. “Kami ingin menegaskan, bahwa PKS sangat cinta pada negeri ini. PKS harus terdepan membela kedaulatan negeri ini dan PKS sangat cinta pada tanah air Indonesia,” tegasnya.

Ketua DPD PKS Pandeglang Tb Asep Rafiudin Arief mengajak semua kader agar menjaga kondusivitas daerah agar tidak ada perpecahan di masyarakat. Semua kader harus berperan aktif menjaga keamanan daerah.  “Kita sudah berkomitmen terhadap NKRI dan Pancasila dengan menyukseskan agenda Pilkada Pandeglang 2020. Kita ingin agar pesta demokrasi itu berjalan lancar dan aman,” ujarnya. (den-dib/alt/ira)