Konsumen Utamakan Kamera dan RAM pada Smartphone

Karyawan Prima Galery Ponsel Shop Kota Serang Lili memperlihatkan salah satu varian smartphone yang tengah dipasarkan. Foto: Susi/ Radar Banten

SERANG – Smartphone menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakat. Namun ada beberapa fitur penting yang jadi pilihan sebelum masyarakat membeli smartphone. Antara lain fitur kamera, RAM, memori internal, dan desain.

“Saat ini, berbagai produsen smartphone menyediakan berbagai kebutuhan para konsumen agar bisa diterima pasar,” kata Afui, karyawan Prima Galery Ponsel Shop, Kota Serang, Jumat (26/7).

Menurutnya, RAM standar 3GB. Tapi sekarang konsumen banyak yang mencari RAM 4GB karena ponselnya untuk bermain game. Urusan memori internal pun jadi alasan memilih smartphone, misalnya memilih memori internal 128 GB dengan RAM 4 GB. “Konsumen sekarang senang foto. Makanya cari smartphone dengan kualitas foto terbaik,” katanya.

Rofiani Lestari, karyawan gerai Samsung, mengungkapkan, smartphone yang banyak diminati konsumen yakni memori internal yang besar dan kameranya bagus. “Kadang konsumen tidak terlalu memikirkan spesifikasi yang detail, tetapi hanya fitur tertentu seperti kamera atau RAM,” ungkapnya.

Samsung juga mengeluarkan banyak tipe untuk memberi banyak pilihan bagi konsumen sekitar dua bulan sekali. Saat ini, yang tengah fokus penjualan untuk seri A dengan harga mulai Rp1,9 jutaan.

Arif Rachman, karyawan gerai Oppo di Kota Serang, mengungkapkan, dalam pemilihan smartphone ada perbedaan antara perempuan dan laki-laki. Untuk perempuan cenderung memilih kamera dan tampilan foto. Sementara untuk laki cenderung fitur RAM dan memori internal yang memiliki kapasitas besar. “Kalau laki-laki senang main game,” katanya.

Oppo ketika mengeluarkan produk terbaru setiap enam bulan sekali. Saat ini, produk terbaru yakni F11 dan Oppo Reno yang memiliki empat kamera yakni satu di depan dengan 16 megapixel. Sementara pada kamera bagian belakang ada yang 8 MP, 13 MP, dan 48 MP. “Pada smartphone ini juga sudah dilengkapi fitur 10 kali zoom sehingga tidak menyebabkan foto menjadi pecah,” katanya. (Susi K/RBG)