Kontrakan Pelangi Akan Muncul di Blosong

0
204

KRAMATWATU – Kontrakan pelangi. Tema itu sedang direalisasikan oleh pengurus dan warga untuk mempercantik lingkungan mereka, RW 06, Kampung Blosong, Desa Serdang, Kecamatan Kramatwatu. Pengurus dan warga RW 06, Desa Blosong, memanfaatkan rumah kontrakan yang banyak terdapat di lingkungan mereka.

“Kita juga bakal bikin kontrakan pelangi kayak di Kota Malang itu,” ujar Ketua RW 06, Kampung Blosong, Erwan Jayasasmitah kepada Radar Banten, Jumat (30/8).

Erwan mengatakan, persiapan untuk menciptakan kontrakan pelangi telah dilakukan. Pengurus lingkungan dan warga bergotong royong membersihkan kampung serta mengecat pagar bangunan di pinggir jalan kampung dengan bermacam warna sejak pekan kemarin.

“Seminggu sekali kita kerja bakti bersih-bersih kampung,” ungkapnya.

Gotong royong di Blosong tidak hanya dilakukan oleh warga setempat. Warga pendatang yang menyewa rumah kontrakan juga aktif mengikuti kegiatan warga Blosong. Perkampungan itu memang banyak terdapat rumah kontrakan. Blosong dihuni oleh banyak pendatang. Namun, kekompakan dan rasa saling memiliki sesama warga tetap terjaga.

Cat warna-warni juga bakal diaplikasikan pada tembok rumah kontrakan yang berjejer di sepanjang jalan kampung. Menurut Erwan, hal itu sudah disepakati oleh warganya, termasuk pemilik rumah kontrakan dan penghuninya, untuk memeriahkan Kampung Bersih dan Aman di Blosong.

“Kita juga sudah mewajibkan setiap warga menanam dua tanaman di pekarangan rumah,” jelas Erwan menyinggung soal upaya pengurus dan warga membuat Blosong asri.

Erwan mengakui, pihaknya belum bisa memenuhi empat persyaratan Kampung Bersih dan Aman. Yakni, tersedia tempat pembuangan sampah (TPS), sistem keamanan lingkungan (siskamling) yang berjalan efektif, kelompok pemuda sadar hukum, dan kelompok sadar lingkungan. “Kami baru ada siskamling dan tempat sampah,” akunya.

Erwan berjanji akan segera melengkapi keempat persyaratan lomba untuk menciptakan kampung indah, bersih, dan aman tersebut. Warga Blosong juga berencana mendirikan pos kamling baru dengan konsep pelangi.

“Kita siap bersaing dengan kampung lainnya,” tegas Erwan.

H Suadiyah, warga Blosong, mengakui bahwa warga kampungnya sangat antusias mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman tingkat Kabupaten Serang. Selain mampu membakar semangat dan menciptakan kekompakan warga, perlombaan ini bisa membuat kampung lebih bagus.

“Jadi, bisa memotivasi warga lebih semangat bersihin kampung,” katanya. (mg06/don/ira)