Arus lalu lintas di Kawasan Tol Dalam Kota, Jakarta, Senin (29/8). Foto: IndoPos

JAKARTA – Korlantas Polri telah bersiap menghadapi libur panjang Idul Adha pada 12 September nanti. Tanggal tersebut jatuh pada hari Senin. Karena itu, ada kemungkinan masyarakat akan mulai memadati jalanan sejak akhir pekan sebelumnya. Yakni hari Jumat (9/9) atau Sabtu (10/9).

Menurut Kakorlantas Polri Irjen Agung Budi Maryoto, ada sejumlah jalur lalu lintas yang rawan kemacetan. “Yang pertama tol dalam kota, lalu kilometer 10 tepatnya pertemuan tiga arus itu. Kemudian di rest area kilometer 19,” katanya di Korlantas Polri, Rabu (31/8), dilansir JawaPos.com.

Dia juga menyebut bahwa masih ada kemungkinan terjadinya kemacetan di Brebes Timur.

“Kita sepakat, kalau macet lima kilometer maka dialihkan ke Palimanan. Kalau belum maksimal juga maka dialihkan ke jalur selatan,” sambung mantan Kapolda Kalsel ini.

Selain itu, mereka juga berkoordinasi dengan penyelenggara jalan tol. “Kalau sudah overload akan diambil langkah-langkah lainnya,” timpalnya.

Dalam waktu dekat juga, lanjut Agung, pihaknya bakal menggelar apel kesiapan pasukan menghadapi libur panjang ini. “Sedang disusun. Kamis depan akan ada gelar pasukan,” pungkas perwira bintang dua itu. (elf/JPG)