Korsleting AC, Pabrik Plastik di Kragilan Terbakar

Mobil damkar milik BPBD Kabupaten Serang hendak keluar dari PT Kolon Ina setelah melakukan pemadaman di Kampung Cimiung, Desa Kaserangan, Kecamatan Ciruas, (21/12).

KRAGILAN – Kebakaran terjadi di PT Kolon Ina yang memproduksi plastik di Jalan Serang-Jakarta, Desa Sentul, Kecamatan Kragilan, Jumat (21/12) pukul 14.00 WIB. Kebakaran diduga akibat korsleting air conditioner (AC) di ruang meeting perusahaan.

Peristiwa berlangsung saat jam selesai istirahat. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Pantauan Radar Banten, kepulan asap yang membumbung ke atas terlihat dari luar kawasan pabrik. Tampak tiga unit kendaraan pemadam kebakaran (damkar) sudah berada di lokasi untuk melakukan pemadaman api. Tak jauh dari lokasi kebakaran juga terparkir ambulans milik Palang Merah Indonesia (PMI).

Saat Radar Banten mencoba memasuki pabrik mendapat adangan dari petugas sekuriti. Informasi yang berhasil dihimpun wartawan di lapangan bahwa kebakaran terjadi akibat korsleting listrik.

Salah satu karyawan yang enggan disebutkan namanya saat ditemui Radar Banten di lokasi pabrik mengatakan bahwa kebakaran terjadi di lantai dua gedung pabrik. “Dugaan sementara akibat korsleting dari AC. Tidak ada apinya, cuma asap saja,” tandasnya singkat.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Serang Nana Sukmana Kusuma mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan tiga unit damkar untuk memadamkan api di pabrik yang terbakar. “Korban jiwa nihil, kerugian belum diketahui. Yang terbakar ruang meeting kantor di lantai dua. Dugaan sementara akibat korsleting dari AC sehingga menimbulkan percikan api, terus menyambar bahan plastik dan membakar ruangan berikut arsip kantor,” terang Nana yang dikonfirmasi melalui sambungan telepon seluler.

Terkait itu, pihak perusahaan belum bisa memberikan keterangan atas peristiwa tersebut. (Adi/RBG)