Korsleting Listrik, Bus Hangus Terbakar

0
1.548 views
Petugas pemadam kebakaran melakukan pendinginan bus dengan nopol B 7177 BGA yang hangus terbakar di KM 75 tol Tangerang-Merak, Lingkungan Pabuaran, Unyur, Kota Serang, Senin (11/1). Tidak ada korban jiwa pada peristiwa yang menyebabkan kemacetan panjang tersebut.

SERANG – Sebuah bus dengan nomor polisi B 7177 BG hangus terbakar di Jalan Tol KM 75.500 A, Kelurahan Unyur, Kecamatan Serang, Kota Serang, Senin (11/1). Diduga penyebab kebakaran korsleting listrik. Pengemudi bus melarikan diri sesaat setelah kejadian.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Banten, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Rudy Purnomo mengatakan, kebakaran terjadi sekira pukul 18.45 WIB. Bus ketika itu melaju dari arah Jakarta menuju Merak. “Kebakaran terjadi sekira pukul 18.45 WIB tadi. Penyebabnya (kebakaran-red) diduga korsleting,” kata Rudy.

Sebelum terbakar, bus mengalami gangguan mesin. Pengemudi bus kemudian menepikan kendaraan di bahu jalan. “Saat berhenti muncul asap dari depan dan dibarengi api,” kata Rudy didampingi Kasi Laka Ditlantas Polda Banten Komisaris Polisi (Kompol) Dodid Prastowo.

Api dengan cepat membesar dan membakar badan bus. Petugas kepolisian bersama petugas pemadam kebakaran dan Marga Mandala Sakti (MMS) yang menerima informasi kebakaran mendatangi lokasi dan memadamkan api. “Ada empat unit mobil pemadam yang dikerahkan,” kata Rudy.

Rudy mengatakan, api berhasil dipadamkan selama kurang lebih 45 menit. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Penumpang telah dipindahkan ke bus lain. Sementara sopir dan kernetnya melarikan diri. “Tidak ada korban jiwa. Lalu lintas di lokasi sudah kembali normal,” tutur Rudy. (mg05/air)