Korsleting Listrik, Rumah Ludes Terbakar

Seorang warga memadamkan api pada rumah yang terbakar di Kampung Cibelut, Desa Penggadingan, Kecamatan Kramatwatu, Rabu (21/11).

KRAMATWATU – Satu rumah semi permanen yang tidak lagi ditempati pemiliknya di Kampung Cibelut, Desa Penggadingan, Kecamatan Kramatwatu, ludes terbakar, Rabu (21/11). Dugaan sementara, kebakaran terjadi akibat korsleting listrik.

Peristiwa itu terjadi sekira pukul 09.30 WIB. Informasi yang dihimpun Radar Banten, rumah yang terbuat dari kayu dan bambu tersebut dalam proses rehabilitasi. Namun, pada saat kejadian tidak ada satu pun warga atau tukang bangunan yang berada di lokasi kebakaran.

Api yang melalap rumah diketahui pertama kali oleh warga setempat bernama Mukhlis. Spontan Mukhlis mencoba memadamkan api dengan alat seadanya, sambil memberitahukan kejadian tersebut kepada pemilik rumah yang diketahui bernama Humaeri. Mendapat kabar buruk tersebut, Humaeri langsung melaporkan kejadian tersebut kepada kepolisian setempat untuk disampaikan kembali kepada tim pemadam kebakaran. Setelah tim pemadam dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tiba di lokasi, api dapat dipadamkan 1,5 jam kemudian.

Humaeri mengatakan, rumahnya yang terbakar dalam proses rehabilitasi. Menurutnya, bangunan rumah mudah terbakar karena terbuat dari bambu beratapkan jerami. “Alhamdulillah, bersyukur tidak ada korban jiwa dan api tidak merambat ke tetangga. Kerugiannya sekitar Rp80 juta,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Serang Nana Sukmana Kusuma mengatakan, pihaknya menerjunkan satu unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api. “Kurang lebih satu jam api berhasil dipadamkan,” ujarnya melalui pesan WhatsApp. (Adi/RBG)