Korsleting, Satu Rumah Terbakar di Jawilan

Petugas BPBD didampingi unsur pemerintah setempat meninjau rumah yang terbakar di Desa/ Kecamatan Jawilan, Selasa (11/12).

JAWILAN – Satu rumah warga di Kampung Ranji, Desa Jawilan, Kecamatan Jawilan, terbakar pada Selasa (11/12). Api diduga berasal dari korsleting listrik.

Rumah permanen yang terbakar milik warga bernama Sukardi (50). Kebakaran berlangsung sekira pukul 13.30 WIB. Saat kebakaran tidak ada satu pun penghuni rumah karena sedang bepergian. Api awalnya muncul di bagian atap. Mengetahui adanya kebakaran, warga pun langsung berbondong-bondong memadamkan kobaran api dengan peralatan seadanya.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang Nana Sukmana Kusuma mengaku, sudah meluncurkan tim pemadam kebakaran dan tim reaksi cepat (TRC) ke lokasi kejadian. “Api berhasil dipadamkan sekitar jam 14.00 WIB,” ucapnya.

Nana memastikan, kebakaran tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, ia memastikan, satu rumah permanen yang terbakar mengalami rusak berat. “Penyebab kebakaran diduga dari korsleting listrik. Kerugian ditaksir Rp200 jutaan,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Kepala Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Jawilan Iptu Rahmat Hidayat. Katanya, api menghanguskan semua bangunan berikut barang di rumah. “Hanya kerugian materi saja. Korban sudah kami arahkan untuk membuat laporan ke polsek,” terangnya.

Camat Jawilan Agus Saefudin mengaku, sudah melaporkan kejadian tersebut kepada BPBD Kabupaten Serang. Agus pun berencana untuk membuat laporan dilengkapi dengan dokumentasi atas kerugian yang dialami korban. “Kewajiban kita membuat laporan dan menyampaikan kejadian ini kepada Pemkab untuk kemudian diberikan penanganan dan bantuan,” katanya. (Rozak/RBG)