Kota Cilegon jadi Juara I TTG XII Tingkat Provinsi Banten

CILEGON – Gelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-XII tingkat Provinsi Banten tahun 2016 yang berlangsung di lapangan Helipad PT Krakatau Steel, Kota Cilegon ditutup dengan hasil penetapan juara, Senin (29/8/2016). Kota Cilegon meraih juara satu, Kota Tangerang Selatan juara kedua dan Kabupaten Serang mendapatkan juara ketiga.

Untuk diketahui, Kota Cilegon mendapatkan nilai 223.00 dengan nama kreasi dan inovasi TTG yang dimunculkan yakni TTG Proses Produksi Abon dengan sang kreator atau inovatornya yaitu Sasmito. Kemudian Kota Tangerang Selatan mendapatkan nilai 190.00 dengan TTG Mobisa dengan sang kreator atau inovatornya Heru Saoping. Dan Kabupatens Serang menyabet nilai 186.50 dengan TTG Insenarator Gasifikasi dengan kreator atau inovatornya Gunawan Efendi.

Wakil Walikota Cilegon Edi Ariadi saat ditemui sejumlah wartawan seusai gelaran TTG berlangsung mengaku akan berkoordinasi dengan pihak BPMKP untuk mendorong mematenkan mesin produksi abon hasil ciptaan Sasmito yang juga merupakan hasil dari Posyantek Cilegon.

“Alhamdulilah lah, Pak Sasmito itu memang spesailis inavotor yang paling menonjol dikita. Seharusnya secara nasional dan kementerian dalam negeri juga membantu untuk memasyarakatkan dan bantuan dana juga dari pusat. Posyantek binaan kita di delapan Kecamatan ada subsidinya dari Pemerintah Cilegon. Di APBD juga tercantum,” ujarnya.

Lebih lanjut Edi Ariyadi berharap hasil pembuatan Sasmito ini dapat dikembangkan lebih lanjut menyusul TTG tingkat Nasional nanti yang akan berlangsung di Lombok. “Kita ada kekurangan apa nih, nanti di Lombok harus sudah dipersiapkan,” katanya.

Ditempat yang sama, Kepala BPMKP Kota Cilegon Beatrie Noviana mengatakan akan mengupayakan pematenan mesin produksi abon hasil kreasi Sasmito itu. “Kita sedang mengupayakan untuk surat izin kemasan baku yang bisa dipasarkan dan sertifikat hak ciptanya. Ini sedang diproses dan mudah-mudahan tidak lama,” ucapnya. (Riko)