Kota Serang Belum Pernah Raih Puskesmas Berprestasi Tingkat Provinsi

Net. ILUSTRASI
Net. ILUSTRASI

SERANG – Dinas Kesehatan Kota Serang menargetkan jadi juara dalam penilaian Puskesmas berprestasi tingkat Provinsi Banten. Hal ini dikarenakan pada tahun-tahun sebelumnya Puskesmas di Kota Serang belum pernah ada yang masuk dalam kategori Puskesmas Berprestasi.

IMG_4876

“Keinginan kita, tahun ini meraih juara tingkat provinsi. Karena pada tahun kemarin dan sebelumnya juga kita belum pernah mendapatkan juara,” ungkap Toyalis, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang, yang ditemui di sela-sela acara penilaian Puskesmas Berprestasi dari Tim Dinkes Pemprov Banten, Jumat (15/7).

Tahun ini, kata Toyalis, Pemkot Serang menargetkan juara dalam penilaianan puskesmas berprestasi tingkat Provinsi.  Hal ini juga bertujuan dilakukan dalam rangka memotivasi para pegawai puskesmas untuk memiliki inovasi, dan meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat. Pihaknya juga sudah menyiapkan sejumlah program unggulan untuk meraih puskesmas berprestasi.

“Adapun kriteria penilaiannya meliputi administrasi, capaian program dan survey di lapangan. Di mana kata Toyalis, dalam memberikan kesehatan kepada masyarakat sendiri pihaknya memiliki program UKM (Upaya Kesehatan Masyarakat-red), dengan cara promotif dan preventif. Untuk promotif sendiri meliputi konseling dan pembinaan. Sedangkan preventif itu melakukan penceghan. Selain itu kita juga punya program UKP (Upaya Kesehatan Perorangan-red) ini lebih pada perorangan,” katanya.

Kendati demikian, Toyalis optimis, jika tahun ini pihaknya akan meraih juara, karena banyak program unggulan yang dimiliki, diantaranya ‎home redaksin, untuk penanganan narkoba, dapur gizi untuk mengetaskan kasus gizi buruk, akupunktur, dan lain sebagainya. Dalam penilaian puskesmas berprestasi tahun ini, Dinkes Kota Serang memilih Puskesmas Kecamatan Serang untuk mengikuti perlombaan tingkat Provinsi.

“Tahun lalu kami mengikutsertakan Puskesmas Unyur, akan tetapi kalah. Kalau melihat tahun sebelumnya, point yang kurang dalam penilaian ini, kurangnya inovasi yang dilakukan para aparatur pegawai puskesmas,” katanya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Serang, Niken Prabaningrum menyatakan, sejumlah program unggulan sudah dimiliki puskesmas serang. Bahkan ada beberapa program yang tidak dimiliki daerah lain seperti Konseling Kesehatan jiwa, akupresur, dan program UKM dan UKP. (Fauzan Dardiri)