Walikota Serang Tb Haerul Jaman bersama Ketua Umum KONI Banten Rumiah Kartoredjo, Dandim 0602/Serang Letkol Inf Oki Andriansyah Adiwirya, Wakapolres Serang Kota Kompol Tidar Wulung, dan Ketua KONI Kota Serang Deni Arisandi usai membuka RAT KONI Kota Serang. Foto: Andre AP

SERANG –  Pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Banten V tahun 2018  di Kabupaten Tangerang, KONI Kota Serang bertekad mempertahankan Kota Serang titel juara umum.

Pada Porprov Banten IV tahun 2014, Kota Serang menjadi juara umum. Posisi kedua Kota Tangerang dan ketiga ditempati Kabupaten Tangerang. Kemudian berturut-turut Kabupaten Serang, Kota Tangerang Selatan, Kota Cilegon, Kabupaten Pandeglang dan urutan terakhir Kabupaten Lebak.

Tekad mempertahankan juara umum disampaikan pada rapat anggota tahunan (RAT) KONI Kota Serang 2017, di Hotel Le Dian, Kota Serang, Kamis (27/4).

Ketua KONI Kota Serang Deni Arisandi mengatakan, bila kontingen Kota Serang mampu mempertahankan gelar juara umum pada Porprov V Banten 2018 maka Ibukota Provinsi Banten tersebut layak ditasbihkan sebagai kiblat olahraga Banten.

“Kita (Banten-red) sudah empat kali menggelar porpov dan belum ada kota kabupaten yang mampu menjadi juara umum secara berturut-turut. Kota Serang akan berusaha mencatat sejarah dengan menjadi juara umum secara beruntun di Porprov V dan sekaligus menjadi kiblat olahraga Banten,” kata Deni.

Deni menambahkan, untuk mewujudkan target tersebut, KONI Kota Serang telah menyusun program unggulan. Di antaranya adalah menggelar pemusatan pelatihan kota (pelatkot) jangka panjang atlet Kota Serang.

“Kami sudah banyak merumuskan program unggulan di RAT ini. Salah satunya menetapkan jadwal pelakot jangka panjang untuk menghadapi Porprov V yang dimulai bulan depan (Mei-red). Kami ingin menyiapkan atlet jauh-jauh hari agar kualitas atlet terus berkembang,” imbuhnya.

Walikota Serang Tb Haerul Jaman mengungkapkan keyakinannya bahwa atlet Kota Serang mampu mempertahankan gelar juara umum porprov. “Baru-baru ini ada atlet gulat Kota Serang yang mampu meraih medali emas di kejuaraan internasional. Itu sebuah bukti bahwa Kota Serang memiliki potensi atlet yang luar biasa. Jadi, tidak mustahil juara umum porprov dapat dipertahankan,” ucapnya.

Ketua Umum KONI Banten Rumiah Kartoredjo mengapresiasi prestasi atlet Kota Serang. Bahkan tidak terbantahkan lagi bahwa atlet Kota Serang merupakan bagian penting dari prestasi olahraga Banten.

“PON XIX Jawa Barat 2016, Banten mampu mendulang 11 keping medali emas. Nah, mungkin tidak banyak yang tahu kalau tujuh medali emas di antaranya disumbang atlet Kota Serang. Ini menunjukkan bahwa atlet Kota Serang berkualitas. Tidak hanya itu, dari delapan kota kabupaten se-Banten, Kota Serang tercatat sebagai penyumbang atlet terbanyak bagi kontingen PON Banten. Makanya, KONI Provinsi Banten menunggu atlet-atlet berprestasi lainnya dari Kota Serang yang nantinya mengharumkan Banten pada PON XX Papua 2020,” kata Mantan Kapolda Banten itu. (Andre Adisas Putra)