Kota Tangerang Zona Merah HIV/AIDS

SERANG – Kota Tangerang merupakan zona merah daerah paling banyak penderita HIV dan AIDS di Provinsi Banten. Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Dinkes Banten dr Ria Oktarini.

Kata dia, kasus HIV AIDS tertinggi di Provinsi Banten terdapat di Kota Tangerang peringkat pertama dengan jumlah penderita sebanyak 705 penderita HIV dan 395 menderita AIDS, dengan jumlah meninggal dunia sebanyak 21 orang.

Sementara itu, posisi penderita berikutnya ditepati oleh Kabupaten Tangerang 533 penderita HIV dan AIDS sebanyak 299 penderita dengan jumlah meninggal dunia 16 orang. Sementara Kabupaten Serang sebanyak 369 penderita HIV dan 97 penderita AIDS dengan jumlah meninggal dunia 24 orang.

“Tren yang paling banyak memang dari penggunaan jarum suntik,” kata dia, Sabtu (9/8/2014).

Peringkat berikutnya, Kota Cilegon sebanyak 140 penderita HIV dan 103 penderita AIDS dengtan jumlah meninggal dunia 46 orang. Kota Tangsel jumlah penderita 120 HIV dengan 60 penderita AIDS dengan jumlah meninggal dunia 60 orang.

Kota Serang sebanyak 56 penderita HIV dan sebanyak 86 AIDS dengan jumlah meninggal dunia 32 orang. Kabupaten Lebak sebanyak 44 penderita HIV dan sebanyak 57 penderita AIDS dan sebanyak 13 orang meninggal dunia. Sementara Kabupaten Pandeglang sebanyak 62 penderita HIV dan sebanyak 37 penderita AIDS dan 13 orang meninggal dunia.

Alasan Ria, mengenai Kota Tangerang paling banyak terjangkit HIV dan AIDS ini karena dekat dengan DKI Jakarta dengan pola hidup perkotaan. “Peringkat secara nasional berubah, Kota Tangerang dekat dengan Jakarta. Banten di posisi 15 secara nasional,” terangnya.

(WAHYUDIN)