KPK-ICW Kenalkan Paham Antikorupsi

CILEGON – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Indonesia Corruption Watch (ICW) mengenalkan paham dan semangat antikorupsi kepada siswa dan mahasiswa melalui seminar nasional antikorupsi di Kampus Al-Khairiyah Citangkil.

Koordinator ICW Adnan Topan Husodo menuturkan, selain melalui seminar, untuk mengenalkan sekaligus menanamkan pemahaman dan semangat antikorupsi, ICW mempunyai aplikasi Akademi Antikorupsi.

Aplikasi itu bisa diakses melalui personal computer, telepon pintar, dan telah tersedia di layanan unduhan aplikasi Playstore. “Siswa maupun masyarakat umum bisa mengakses dengan cara login, nanti akunnya akan aktif selamanya,” ujarnya.

Menurut Adnan, sistem kerja aplikasi itu menggunakan pola belajar mandiri, dimana siswa, mahasiswa, maupun masyarakat umum belajar semangat antikorupsi melalui konten yang terdapat dalam aplikasi itu.

“Konsep aplikasi ini adalah e-learning. Tak hanya materi, dalam tahapannya juga ada konten tes. Untuk memastikan pengguna mengikuti semua materi, kita mengatur video itu tidak bisa diskip,” ujarnya.

Bagi pengguna yang telah lulus Akademi Antikorupsi akan mendapatkan sertifikat dari ICW. “Di Banten sejumlah kampus sudah mulai menggunakan aplikasi itu, kami berharap lembaga pendidikan lainnya pun ikut menggunakan,” paparnya. (Bayu Mulyana)