KPR di BTN Cilegon Tembus Rp1 Triliun

Kepala Cabang BTN Cilegon, Benny Budi Anggoro menyalami nasabah usai melakukan transaksi KPR di Kantor Cabang BTN Cilegon, Senin (10/11).

CILEGON – Kredit pemilikan rumah (KPR) di BTN Cilegon selama tahun 2018 menembus angka Rp1 triliun. Pencapaian ini diperoleh dari pembiayaan 7.900 unit rumah di lima wilayah kota dan kabupaten di Banten.

Hal ini diungkapkan Kepala Cabang BTN Cilegon Benny Budi Anggoro, di sela-sela perayaan hari jadi BTN ke-42, di Kantor Cabang BTN Cilegon, Senin (10/11). Menurutnya, BTN Cabang Cilegon membawahi lima wilayah kota dan kabupaten yaitu Kota Cilegon, Kota Serang, Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak, dan Pandeglang.  “Pertumbuhan KPR di lima wilayah ini rata–rata 20 persen,” tuturnya.

Menurutnya, pencapaian produk KPR pada 2018 tersebut dipengaruhi oleh permintaan pengembang yang beralih dari penyediaan rumah komersil ke perumahan subsidi.  “Perubahan ini terjadi sejak 2017. Komposisi pembiayaan rumah komersil hanya 20 persen, sedangkan rumah subsidi 80 persen,” katanya.

Kata dia, potensi bisnis KPR bersubsidi untuk Cilegon dan sekitarnya masih luas dan tinggi karena mengingat masih banyak tenaga kerja yang membutuhkan hunian. “Saat ini baru 20 persen jumlah tenaga kerja yang dijangkau,” katanya.

Ke depannya, kata Benny, untuk menjangkau lebih banyak lagi tenaga kerja, pihaknya akan memanfaatkan perkembangan tekhnologi berbasis informasi digital dilaksanakan sejak 2015. “Layanan informasi online ini memudahkan kepada masyarakat dimanapun dan kapanpun. Pertemuan hanya dilakukan setelah akad,” katanya. (Susi K/RBG)