KPU Akan Menyelediki APK Rusak dan Hilang

0
524 views

SERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten, mengaku akan menyelediki sejumlah Alat Praga Kampanye (APK)  yang dikabarkan rusak dan hilang disejumlah titik pemasangan APK pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

“Ya, kita mempunyai laporan banyak APK yang hari ini dipasang terus besoknya udah rusak bahkan hilang. Tapi semuanya itu udah kami identifikasi terlebih dahulu,” ujar Komisioner KPU Banten Didih M Sudi, Kamis (17/11).

Menurut Didih, dalam proses identifikasi,  KPU akan menghitung terlebih dahulu jumlah APK yang hilang dan rusak,  kemudian menggali informasi mengenai penyebab APK yang rusak dan hilang.

Menurut Didih,  APK yang rusak dan hilang tersebut sebenarnya bukan kewenangan dari KPU.  karena KPU telah menyerahkan kewenangan APK tersebut kepada tim dari masing-masing pasangan calon.

“Kalau ada yang hilang, itu diganti sama calon karena dari kita, APK itu sudah diserah terimakan. Jadi kalau sudah serah terima, otomatis yang ganti itu calon. Makanya kita akan cek dulu, yang hilang itu ada serah terimanya atau engga,” ungkap Didih.

KPU Banten sendiri menurut Didin telah mendistribusikan seluruh APK untuk dipasang dibeberapa titik di kabupaten kota kepada masing-masing tim. Karena itu ia meminta masing-masing tim dari pasangan calon untuk terus berkoordinasi dan melaporkan kepada KPU apabila ada kerusakan ataupun kehilangan terhadap APK yang telah dipasang tersebut. (Bayu)