KPU Banten Ganti Surat Suara Pilgub Yang Rusak

0
420 views
Ilustrasi

SERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten telah mendistribusikan pengganti surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten kepada KPU kabupaten kota kemarin, Sabtu (4/2). KPU memastikan semua KPU kabupaten kota telah menerima surat suara pengganti tersebut.

Komisioner KPU Proviinsi Banten Agus Supadmo mengatakan, pendistribusian 132.741 surat suara pengganti tersebut dilakukan dalam satu hari kemarin dengan pengawalan dari aparat kepolisian. “Sudah kemarin sehari,” kata Agus singkat melalui sambungan Whats App, Minggu (5/2).

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Banten Agus Supriatna melalui sambungan telepon seluler mengatakan, KPU kabupaten kota diharapkan segera melakukan pelipatan surat suara dan pengecekan ulang surat suara pengganti tersebut untuk mengatisipasi ditemukan kembali surat suara yang rusak.

“Kalau memang ada yang rusak lagi kita sudah minta KPU kabupaten kota untuk langsung lapor agar bisa dicetak lagi, pokoknya kita minta gerak cepat,” ujar Agus.

Menurut Agus proses pelipatan dan pengecekan surat suarat tidak membutuhkan waktu lama mengingat surat suara yang rusak disetiap kabupaten kotanya cukup sedikit. “Karena sedikit kita minta KPU kabupaten kota segera ngecek surat suaranya,” ujarnya.

Untuk diketahui beberapa waktu lalu sebanyak 132.741 surat suara Pilgub Banten dilaporkan mengalami kerusakan seperti sobek, berlubang, berbayang, dan warna yang tidak sesuai standar. Surat suara yang rusak paling banyak ditemukan di Kota Tangerang sebanyak 32.242 surat suara, secara berturut-turut diikuti oleh Kabupaten Pandeglang sebanyak 27.927 surat suara, Kabupaten Lebak 25.317 surat suara, Kabupaten Tangerang 19.113 surat suara, Kota Tangsel 14.242 surat suara, Kabupaten Serang 8.009 surat suara, Kota Serang 3.503 surat suara, dan Kota Cilegon 1.908 surat suara. (Bayu)