SERANG – Dianggap sering terjadi kekeliruan dalam teknis penyelenggaraan Pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memfokuskan pada regenerasi penyelenggara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Rekrutmen PPK dan PPS dilakukan secara terbuka, mulai tanggal 21 Juni – 20 Juli 2016. Sedangkan untuk KPPS dilakukan pada 15 November 2016 – 14 Januari 2017,” ungkap Komisioner KPU Provinsi Banten Syaiful Bahri saat dihubungi Radar Banten Online, Kamis (9/6/2016).

Syaiful menjelaskan, jadwal rekrutme penyelenggara di tingkatan bawah ini dilakukan sesuai Putusan KPU RI Nomor 3 Tahun 2016 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Dan/Atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2017.

Sedangkan untuk teknis rekrutmen sesuai dengan Surat Edaran Nomor 183/KPU/IV/2015 tentang penjelasan anggota PPK, PPS dan KPPS belum pernah menjabat 2 kali.

“Peraturan ini dibuat untuk regenerasi penyelenggara di tingkat bawah, yang kemudian dibatasi orangnya, dibatasi agar tidak itu-itu saja orangnya,” kata Syaiful.

Lebih lanjut Syaiful mengatakan, aturan sebelumnya, untuk rekruitmen KPPS itu biasanya berdasarkan rekomendasi Kelurahan atau Kepala Desa, tetapi sekarang ini berbeda.

“Kami ingin ini berjalan sesuai dengan ketentuan, karena memang untuk mengantisipasi kekeliruan penyelenggara di tingkat bawah,” kata Syaiful. (Fauzan Dardiri)