LEBAK – Komisi Pemihan Umum (KPU) Lebak melalui menggelar rapat koordinasi kampanye pada Pilkada 2018 di Aula KPU Lebak, Senin (19/2). Rapat tersebut membahas tahapan kampanye, seperti tanggal kampanye damai serta anggaran selama proses kampanye berlangsung.

Komisioner KPU Lebak CR. Nurdin mengatakan, rapat ini membahas tahapan kampanye di Pilkada 2018. “Setelah kita membahas alat peraga kampanye, sekarang kita membahas waktu dan tempat pelaksanaan kampanye dengan anggarannya,” kata Cedin usai rapat koordinasi kampanye di Aula KPU Lebak, Senin (19/2).

Adapun peraturan kampanye, anggaran maksimal tidak lebih dari Rp 28 miliar selama kampanye itu berlangsung. Dan diwajibkan paslon memiliki rekening khusus untuk menampung dana kampanye tersebut.

“Jika ada sumbangan dari perseorangan itu tidak lebih dari Rp 75 juta, perusahaan Rp 750 juta, jika melebihi anggaran akan di masukan ke kas daerah. Batas maksimal kampanye Rp 28 miliar,” katanya.

KPU akan mengawasi setiap anggaran yang diterima oleh pasangan calon melalui rekening khusus tersebut. “Saya minta rekan media juga ikut membantu mengawasinya. Dan akan kita umumkan anggaran tersebut di papan informasi yang sudah disediakan KPU Lebak,” ujarnya.

Selain itu, KPU juga mengawasi alat peraga kampanye, karena jumlah dan tempat APK sudah ditetapkan, berapa jumlahnya dan dimana tempatnya. “Jika ada yang melanggar akan kita tindak, rekan media bisa membantunya agar proses dan tahapan pilkada bisa berjalan lancar dan tertib,” tuturnya.

Cedin menambahkan, hasil rapat tersebut, jadwalnya kampanye damai akan dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2018 di Alun-alun kota Rangkasbitung.

“Pada kampanye pasangan calon diwajibkan datang bersama ketua timsesnya, karea akan mendatangani surat terkait pelaksanaan kampanye tersebut,” terangnya.

Sementara itu, Ketua tim sukses dari Iti-Ade, yakni Agus Wisas menegaskan, pihaknya akan mengikuti aturan yang sudah ditetapkan KPU Lebak, agar dalam tahapan pilkada ini dapat berjalan lancar dan kondusif.

“Kita akan komunikasi terkait jumlah dan jalur dalam kampanye damai yang akan berlangsung pada tanggal 27 Februari 2018. Dan kita siap mengikuti aturan dari KPU Lebak,” tegasnya.

Terpisah, Kabag Ops Polres Lebal Kompol Andi Suwandi menghimbau, kepada masyarakat yang mengikuti kampanye agar mentaati peraturan lalulintas.

“Saya himbau pada saat kampanye nanti tidak ada yang berada di atap mobil, karena sangat berbahaya. Untuk kendaraan roda dua agar menggunakan helm serta dilarang keras tidak menggunakan knalpot racing,” jelasnya. (Omat/twokhe@gmail.com).