Suasana rapat evaluasi pewartaan pilkada Cilegon 2015

CILEGON – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon Fathullah Hasyim mengatakan, jurnalis menjadi bagian penting dalam suksesnya penyelenggaraan Pilkada Cilegon 2015 lalu. Demikian sambutan Fathullah saat rapat evaluasi pewartaan Pilkada Cilegon 2015 dengan seluruh awak media di Hotel SKI, Cilegon, Kamis (28/1/2016).

“Media adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam tahapan pelaksanaan pilkada dari bulan Mei tahun lalu sampai proses penetapan calon terpilih. Kami sangat menyadari bahwa tidak akan mungkin semua tahapan dapat disampaikan ke masyarakat tanpa adanya pemberitaan kawan-kawan wartawan,” ujarnya.
Bukti peran media di Cilegon, kata dia, dapat terlihat langsung juga melalui tingkat partisipasi pemilih yang tercatat sebagai tertinggi di Provinsi Banten. “Meskipun tidak seperti yang diharapkan, tingkat partisipasi pemilih kita menurun dari Pilpres lalu. Tapi kita masih menjadi peringkat pertama di Provinsi Banten,” katanya.

Sementara itu, Divisi Data dan Penghitungan Suara KPU Cilegon Irfan Alfi menambahkan, peran media dalam pelaksanaan pilkada tidak sebatas dalam penyampaian berita tapi juga dalam hal substansi dan semangat yang dapat diserap masyarakat. “Kami menyadari betapa besar peran penting media dalam membangun pendidikan politik di masyarakat. Membangun sebuah iklim demokrasi yang substansial, tidak hanya prosedural.
Selain pewarta, media juga menjadi pemantau dalam menyerap informasi kebawah guna membangun infrastruktur demokrasi,” ujarnya.
Acara itu turut dihadiri pula oleh Divisi Program dan Data Rudi Hartono dan Divisi Kampanye KPU Kota Cilegon Habibi Haliburton. (Devi Krisna)