KPU Cilegon Sasar Waria Cilegon Sosialisasi Pilgub Banten

0
1.010 views

CILEGON – Pengurus dan anggota Himpunan Waria Cilegon (Iwaci) diberikan sosialisasi tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Banten tahun 2017 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon, Jumat (20/1). Berlangsung di aula Puskesmas Ramanuju, Kota Cilegon.

Ketua KPU Provinsi Banten Agus Supriyatna menilai sosialisasi terhadap waria sangat penting. Karena pilgub Banten harus diikuti oleh seluruh kalangan. Termasuk kaum minoritas seperti waria dan penyandang disabilitas. “Ini kan salah satu prinsip pemilu terbuka. Bagaimana pun mereka juga warga Banten,” ujar Agus.

Agus menargetkan partisipasi jumlah pemilih di Pilkada Banten akan naik sekitar 70 persen dibandingkan pilgub Banten lalu. Tidak ada perbedaan tata cara dan tempat pelaksanaan pencoblosan surat suara bagi kaum minoritas dan masyarakat umum. “Semuanya sama saja. Tidak ada pemisahan TPS bagi waria dan warga lainnya. Terkecuali disabilitas akan lebih dimudahkan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Hiwaci, Weni Marwantio mengungkapkan ada 200 orang yang tergabung di Hiwaci. Namun demikian KPU Cilegon hanya mengundang sebanyak 60 orang. “Semuanya warga Banten. Kebanyakan berdomisili di Kota Cilegon,” tuturnya.

Weni mengatakan antusias anggotanya terbilang tinggi dalam menyambut pilkada Banten. Ia berharap Pemerintah terpilih dapat memperhatikan komunitas waria agar tidak terpandang negatif dimata masyarakat. “Dikomunitas kita semua umurannya sudah pada lulus SMA. Semua peduli, tidak ada golput. Kita sudah distampel buruk oleh masyarakat. Kita berharap pemerintah dapat menghilangkan stigma itu kepada kaum waria,” katanya. (Riko)